Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat TOEFL

Sertifikat TOEFL

Yuk, cari tahu bagaimana cara mendapatkan sertifikat TOEFL! TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes standar internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris non-natif. Sertifikat TOEFL sangat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri atau mencari pekerjaan di perusahaan multinasional. Untuk mendapatkan sertifikat ini, ada beberapa tahapan yang perlu diikuti. Pertama, kamu perlu mendaftar tes TOEFL di lembaga penyelenggara yang terpercaya. Selanjutnya, siapkan dirimu dengan belajar intensif di bimbingan TOEFL atau mandiri menggunakan materi-materi yang banyak tersedia. Jangan lupa juga untuk melatih kemampuan listening, speaking, reading, dan writing bahasa Inggris kamu dengan teratur. Terakhir, ikuti tes TOEFL secara resmi, dan tunggu hasilnya! Dengan melakukan semua langkah ini, kamu bisa mendapatkan sertifikat TOEFL yang diakui secara global.

Persyaratan untuk mengikuti Tes TOEFL


cara mendapatkan sertifikat TOEFL

Bagi Anda yang ingin mendapatkan sertifikat TOEFL, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi sebelum mengikuti tes ini. Pertama-tama, Anda harus memiliki kartu identitas resmi seperti KTP, paspor, atau SIM sebagai bukti identitas saat mendaftar dan saat mengikuti tes. Pastikan bahwa identitas yang Anda gunakan masih berlaku saat mengikuti tes, ya!

Mempersiapkan diri sebelum tes

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti tes TOEFL. Persiapkan buku-buku atau bahan belajar yang sesuai dengan materi tes TOEFL, seperti buku latihan dan kamus bahasa Inggris. Anda juga dapat mencari informasi mengenai format tes TOEFL, waktu tes, dan aturan tes agar Anda tidak mengalami kebingungan saat tes berlangsung.

Jangan lupa untuk berlatih banyak dengan menggunakan soal-soal TOEFL yang sering keluar, sehingga Anda terbiasa dengan jenis pertanyaan dan tipe tes yang akan Anda hadapi. Lakukan praktek berbicara dengan lancar, mendengarkan dan memahami teks audio, serta menulis dengan cepat dan tepat. Semakin sering Anda berlatih, semakin siap Anda menghadapi tes TOEFL!

Dengan memenuhi persyaratan dan mempersiapkan diri dengan baik, Anda akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan sertifikat TOEFL yang diakui dan bermanfaat bagi keperluan studi atau karir Anda di masa depan.

Menyiapkan diri untuk Tes TOEFL


Belajar untuk Tes TOEFL

Bagi kamu yang ingin mendapatkan sertifikat TOEFL, persiapan yang matang sangat penting. Tes TOEFL mengukur kemampuan Bahasa Inggris, jadi kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadapinya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu dalam menyiapkan diri untuk Tes TOEFL.

1. Lakukan Latihan Soal

Salah satu hal terpenting dalam persiapan Tes TOEFL adalah dengan melakukian latihan soal secara rutin. Kamu bisa mencari buku latihan atau menggunakan bahan online yang menyediakan soal-soal TOEFL. Lakukan berbagai jenis soal, seperti reading, listening, speaking, dan writing, agar kamu terbiasa dengan format serta level kesulitannya.

2. Tonton Film atau Mendengarkan Musik Berbahasa Inggris

Tonton Film Berbahasa Inggris

Selain melalui latihan soal, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dengan menonton film atau mendengarkan musik berbahasa Inggris. Ini akan membantu kamu dalam memahami variasi pengucapan, kosa kata, dan tata bahasa dalam konteks yang lebih nyata. Jadi, luangkan waktu untuk menikmati tontonan atau musik favoritmu dalam bahasa Inggris.

3. Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Jangan takut untuk berbicara dalam Bahasa Inggris, meskipun masih terkadang terasa sulit. Cobalah untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang mahir dalam Bahasa Inggris. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas atau kelompok belajar yang fokus pada Bahasa Inggris. Semakin sering kamu berbicara dalam Bahasa Inggris, semakin lancar dan percaya diri kamuu dalam menghadapi bagian speaking dan listening di Tes TOEFL.

Mendaftar dan memesan jadwal Tes TOEFL


Mendaftar dan memesan jadwal Tes TOEFL

Untuk mendapatkan sertifikat TOEFL, kamu harus mendaftar dan memesan jadwal Tes TOEFL terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas (KTP atau paspor) yang masih berlaku.

2. Kunjungi situs resmi TOEFL

Buka browser internet dan kunjungi situs resmi TOEFL di alamat toefl.org. Di situs ini, kamu akan menemukan informasi terkait Tes TOEFL, termasuk tautan untuk mendaftar.

3. Buat akun TOEFL

Setelah masuk ke situs resmi TOEFL, cari tombol atau tautan untuk membuat akun. Klik tombol tersebut dan isi formulir pendaftaran yang disediakan. Isilah informasi yang diminta dengan lengkap dan benar.

Setelah selesai mengisi formulir, kamu akan mendapatkan akun TOEFL dengan username dan password. Gunakan informasi ini untuk masuk ke akunmu di situs resmi TOEFL.

4. Pilih lokasi dan waktu Tes TOEFL

Setelah berhasil masuk ke akunmu, cari opsi untuk memesan jadwal Tes TOEFL. Pilihlah lokasi dan waktu ujian sesuai dengan preferensi kamu.

Usahakan untuk memilih waktu yang tepat agar kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti Tes TOEFL.

Jika lokasi yang kamu pilih tidak tersedia pada tanggal yang diinginkan, pilihlah alternatif lain yang tersedia.

5. Lakukan pembayaran

Setelah memesan jadwal Tes TOEFL, kamu akan diberikan instruksi mengenai pembayaran tes. Segera lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh situs resmi TOEFL.

Setelah pembayaran berhasil, kamu akan menerima konfirmasi melalui email yang berisi rincian jadwal Tes TOEFL yang telah kamu pesan.

Dengan demikian, kamu telah berhasil mendaftar dan memesan jadwal Tes TOEFL. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mencapai skor yang diharapkan dan mendapatkan sertifikat TOEFL yang diakui secara internasional.

Cara mengakses dan mengunduh sertifikat TOEFL


cara mengakses sertifikat TOEFL

Setelah menyelesaikan tes TOEFL, adalah penting untuk memperoleh sertifikat yang menunjukkan keberhasilan Anda dalam menguasai bahasa Inggris. Untuk mengakses dan mengunduh sertifikat TOEFL, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Login ke akun TOEFL

Pertama-tama, Anda perlu mengunjungi situs resmi TOEFL dan login ke akun Anda menggunakan ID pengguna dan kata sandi yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Jika Anda belum memiliki akun, Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Pilih opsi ‘Lihat Hasil’

Setelah berhasil login, Anda akan melihat berbagai opsi di dashboard akun Anda. Pilih opsi ‘Lihat Hasil’ untuk melihat daftar tes TOEFL yang telah Anda ikuti.

Pilih tes yang ingin diunduh sertifikatnya

Pada halaman ‘Lihat Hasil’, Anda akan melihat semua tes TOEFL yang telah Anda ikuti. Pilih tes yang ingin Anda unduh sertifikatnya dengan mengklik pada nama tes tersebut.

Unduh sertifikat

Setelah memilih tes yang ingin diunduh sertifikatnya, Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan detail dan skor tes tersebut. Pada halaman ini, Anda akan melihat pilihan ‘Unduh Sertifikat’. Klik pada pilihan tersebut untuk mengunduh sertifikat TOEFL dalam format PDF.

cara mengunduh sertifikat TOEFL

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa cara untuk mendapatkan sertifikat TOEFL. Meskipun prosesnya mungkin terlihat sulit dan menantang, namun dengan dedikasi, latihan, dan persiapan yang cukup, kita pasti bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan pernah takut untuk mencoba dan berlatih lebih banyak. Ingatlah bahwa sertifikat TOEFL bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan kita dalam berbahasa Inggris, tetapi dapat menjadi salah satu alat untuk membuka pintu peluang pendidikan dan karir. Teruslah belajar dan jangan pernah menyerah!