Bagaimana Cara Mendownload Suara dari Google Translate

Bagaimana Cara Mendownload Suara dari Google Translate

Kamu pernah merasa ingin memiliki suara dari Google Translate agar bisa didengarkan kapan saja tanpa perlu terhubung ke internet? Nah, di artikel ini will membahas tentang bagaimana caranya mendownload suara dari Google Translate dengan mudah. Google Translate merupakan satu-satunya alat penerjemah online yang sangat populer dan telah membantu banyak orang dalam melakukan terjemahan teks. Namun, selain teks, Google Translate juga menyediakan fitur untuk mendengarkan terjemahan tersebut dengan cara mengubahnya menjadi suara. Dan, kini kita akan mempelajari tentang cara mendownload suara tersebut agar bisa didengarkan secara offline. Yuk, simak selengkapnya!

Memilih teks yang ingin didownload suaranya


google translate

Bagaimana caranya mendownload suara dari Google Translate? Pertama-tama, Anda perlu memilih teks yang ingin Anda dengar suaranya. Untuk melakukan ini, buka Google Translate di peramban web Anda atau unduh aplikasi Google Translate di ponsel Anda.

Di Peramban Web

Jika Anda menggunakan peramban web, kunjungi situs Google Translate dan pastikan bahasa yang Anda ingin dengar sudah dipilih di kedua bagian “Dari” dan “Ke”. Kemudian, ketik atau tempel teks yang ingin Anda dengar suaranya di kotak teks di sebelah kiri. Begitu Anda mengetikkan teks, suara pengucapan otomatis akan memulai. Jika Anda ingin menetapkan teks lebih spesifik, Anda dapat mengklik tombol berwarna biru di sebelah kanan kotak teks, yang akan membuka jendela yang memungkinkan Anda memilih bahasa, mengedit teks, atau memasukkan URL. Setelah Anda telah memilih teks yang ingin didengar suaranya, Anda siap untuk mendownload suara tersebut.

Di Aplikasi Ponsel

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Translate di ponsel Anda, buka aplikasi dan pastikan bahasa yang Anda ingin dengar sudah dipilih di bagian atas. Kemudian, ketik atau tempel teks di kotak teks. Sekarang, Anda akan melihat tombol berwarna biru dengan ikon berbentuk speaker di sebelah kiri kotak teks. Tekan tombol ini untuk mendengar suara pengucapan otomatis. Jika Anda ingin mendownload suara tersebut, simak langkah-langkah selanjutnya.

Membuka Google Translate dan memasukkan teks ke dalam kotak terjemahan


Membuka Google Translate dan memasukkan teks ke dalam kotak terjemahan

Jika Anda ingin mendownload suara dari Google Translate, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Translate di perangkat Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari ikon Google Translate yang berwarna biru dengan huruf “G” di dalamnya di menu perangkat Anda, lalu klik untuk membuka aplikasi.

Cara membuka Google Translate:

1. Cari ikon Google Translate di menu perangkat Anda.

2. Klik ikon Google Translate untuk membuka aplikasi.

Setelah berhasil membuka Google Translate, langkah selanjutnya adalah memasukkan teks yang ingin Anda terjemahkan ke dalam kotak terjemahan. Anda dapat mengetik teks tersebut dengan menggunakan keyboard perangkat Anda atau Anda juga dapat menggunakan fitur suara jika perangkat Anda mendukung.

Cara memasukkan teks ke dalam kotak terjemahan:

1. Klik pada kotak terjemahan yang tersedia di aplikasi Google Translate.

2. Jika Anda ingin mengetik teks, gunakan keyboard perangkat Anda untuk mengetik teks tersebut ke dalam kotak terjemahan.

3. Jika perangkat Anda mendukung fitur suara, klik pada ikon mikrofon di sebelah kanan kotak terjemahan dan mulai bicara untuk memasukkan teks dengan suara.

Dengan cara ini, Anda bisa mendownload suara dari Google Translate dengan mudah. Anda dapat menggunakan fitur ini jika ingin mendengarkan terjemahan teks dengan suara atau jika Anda ingin mendownload suara tersebut untuk digunakan dalam keperluan lain.

Memilih bahasa dan mengklik ikon suara


Memilih bahasa dan mengklik ikon suara

Saat menggunakan Google Translate untuk mendownload suara, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bahasa terlebih dahulu. Google Translate menyediakan pilihan bahasa yang sangat luas, mulai dari bahasa Inggris, bahasa Prancis, bahasa Jerman, hingga bahasa Mandarin.

Langkah 1: Memilih bahasa

Anda dapat melakukannya dengan mengklik pada menu drop-down yang tersedia di sebelah kanan kotak teks di atas. Setelah itu, pilih bahasa asli teks yang ingin Anda terjemahkan. Misalnya, jika Anda ingin mendownload suara dari teks bahasa Inggris, maka pilihlah bahasa Inggris sebagai bahasa sumber.

Langkah 2: Mengklik ikon suara

Setelah Anda memilih bahasa sumber dan tujuan, Anda perlu mengklik ikon suara yang terletak di sebelah kanan kotak teks. Ikon suara ini berbentuk simbol berbentuk speaker atau speaker kecil.

Jika tautan suara tidak muncul, berarti suara bahasa tersebut tidak tersedia untuk diunduh oleh Google Translate. Namun, sebagian besar bahasa umum memiliki suaranya sendiri yang bisa Anda download.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat mendownload suara dari Google Translate dengan mudah. Dengan fitur ini, Anda bisa mendengarkan dan mempraktikkan pelafalan kata-kata dalam bahasa yang ingin Anda pelajari.

Mengunduh suara hasil terjemahan dari Google Translate

Google Translate

Saat menggunakan fitur terjemahan di Google Translate, terkadang Anda mungkin ingin mengunduh suara hasil terjemahan tersebut. Berikut adalah cara sederhana untuk melakukannya:

1. Buka Google Translate

Pertama, buka browser Anda dan kunjungi situs web Google Translate. Anda bisa menemukannya dengan melakukan pencarian di mesin pencari.

2. Pilih bahasa asal dan tujuan

Pada bagian kiri layar, Anda akan melihat kotak teks di atas yang menunjukkan bahasa asal. Klik pada kotak tersebut dan pilih bahasa yang ingin Anda terjemahkan dari daftar yang tersedia.

Setelah itu, pada bagian kanan layar, Anda akan melihat kotak teks di bawah yang menunjukkan bahasa tujuan. Klik pada kotak tersebut dan pilih bahasa tujuan yang Anda inginkan.

3. Ketik kalimat atau kata yang ingin diterjemahkan

Setelah Anda mengatur bahasa asal dan tujuan, ketikkan kalimat atau kata yang ingin Anda terjemahkan pada kotak teks di tengah layar.

4. Klik ikon suara

ikon suara Google Translate

Setelah Anda menginput kalimat atau kata, Anda akan melihat ikon suara di sebelah kanan kotak teks. Klik ikon suara ini dan Anda akan mendengar terjemahan dalam suara yang dihasilkan oleh Google Translate.

Anda juga dapat mengedit terjemahan dan mendengarkan kembali suara dengan mengklik ikon suara setelah mengedit teks terjemahan.

5. Unduh suara terjemahan

Jika Anda ingin mengunduh suara hasil terjemahan, klik kanan ikon suara dan pilih opsi “Simpan tautan sebagai”. Pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan dan klik “Simpan”. Suara akan diunduh ke perangkat Anda dalam format audio yang kompatibel.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah mengunduh suara hasil terjemahan dari Google Translate sesuai kebutuhan Anda.

Akhir Kata

Jadi, itulah cara mudah untuk mendownload suara dari Google Translate. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, kamu dapat dengan cepat mengunduh suara yang kamu inginkan dan menggunakannya dalam proyek atau keperluan pribadi. Jangan lupa untuk menghargai hak cipta dan menggunakan suara tersebut dengan bijak. Selamat mencoba dan semoga berhasil!