Bagaimana Cara Mendownload Video dari YouTube ke Laptop

Cara Mendownload Video dari YouTube ke Laptop

Di zaman sekarang, YouTube telah menjadi salah satu platform video terbesar di dunia. Tidak jarang kita menemukan video menarik di YouTube yang ingin kita simpan ke laptop. Namun, YouTube tidak menyediakan opsi unduhan langsung untuk setiap video. Jadi, bagaimana cara mendownload video dari YouTube ke laptop?

Cara Menggunakan Situs Pihak Ketiga


cara mendownload video di youtube

Jika kamu ingin mendownload video dari YouTube ke laptop menggunakan situs pihak ketiga, ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti. Pertama, buka browser internet kamu dan cari situs web yang menyediakan layanan untuk mendownload video YouTube, seperti SaveFrom.net atau ClipConverter.cc. Lalu, salin link video yang ingin kamu download dari YouTube.

Langkah 1: Salin Link Video YouTube

Pertama, buka video yang ingin kamu download di YouTube. Kemudian, salin URL (tautan) video tersebut. Pastikan kamu menyalin seluruh tautan mulai dari https://www.youtube.com hingga akhir tautan. Contohnya, “https://www.youtube.com/watch?v=abcd1234”.

Langkah 2: Buka Situs Pihak Ketiga

Selanjutnya, buka situs web penyedia layanan download video YouTube. Misalnya, kamu bisa membuka SaveFrom.net di browser internet kamu. Tampilan situs tersebut akan muncul di layar laptopmu.

Langkah 3: Tempelkan Link Video

Selanjutnya, tempelkan link video YouTube yang sudah kamu salin sebelumnya ke dalam kotak teks yang tersedia di situs pihak ketiga. Biasanya, kotak teks tersebut berada di tengah halaman situs. Kamu bisa melakukan itu dengan mengklik kanan di kotak teks dan memilih “Paste”, atau menggunakan kombinasi tombol Ctrl+V.

Langkah 4: Pilih Format dan Kualitas Video

Setelah Anda menempelkan link video YouTube, situs pihak ketiga akan memeriksa video tersebut dan menampilkan pilihan format dan kualitas yang tersedia untuk didownload. Pilih format dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya MP4 dengan resolusi 720p. Setelah memilih, klik tombol “Download” atau “Unduh” untuk melanjutkan proses download.

Menggunakan Aplikasi YouTube di Laptop


Menggunakan Aplikasi YouTube di Laptop

Jika Anda ingin mendownload video dari YouTube ke laptop dengan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi YouTube di laptop Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menonton video langsung dari laptop Anda, serta mengunduhnya untuk ditonton secara offline.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Aplikasi YouTube di Laptop

Pertama, pastikan Anda telah menginstal aplikasi YouTube di laptop Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya melalui situs resmi YouTube.

Setelah menginstal aplikasi YouTube, buka aplikasi tersebut di laptop Anda. Anda akan melihat tampilan beranda YouTube dengan berbagai video yang direkomendasikan.

Untuk mencari video yang ingin Anda unduh, gunakan fitur pencarian yang tersedia di aplikasi YouTube. Ketikkan judul atau kata kunci video yang Anda inginkan, lalu tekan tombol enter.

Pilih video yang Anda inginkan dari hasil pencarian dan buka halaman video tersebut. Di sebelah video yang Anda putar, Anda akan melihat tombol “Download”. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pengunduhan video ke laptop Anda.

Setelah pengunduhan selesai, video akan tersimpan di folder unduhan pada laptop Anda. Anda dapat membukanya menggunakan pemutar video bawaan atau aplikasi lain yang mendukung format video yang Anda unduh.

Dengan menggunakan aplikasi YouTube di laptop, Anda dapat dengan mudah mendownload video dari YouTube dan menikmatinya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu koneksi internet. Selamat mencoba!

Penggunaan Software Pihak Ketiga untuk Mengunduh


Youtube video downloader

Jika Anda ingin mengunduh video dari YouTube ke laptop dengan cara yang lebih mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan software pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Software ini akan membantu Anda mengunduh video dari YouTube dengan beberapa klik saja.

Langkah 1: Unduh dan Instal Software

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh software pihak ketiga ini. Anda dapat mencarinya di internet dan mencari software yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menemukan software yang diinginkan, unduh dan instal software tersebut di laptop Anda.

Langkah 2: Salin URL Video YouTube

Setelah software terinstal, langkah selanjutnya adalah membuka YouTube dan mencari video yang ingin Anda unduh. Setelah menemukan video yang diinginkan, salin URL-nya dari bilah alamat browser.

Langkah 3: Tempelkan URL dan Mulai Mengunduh

Selanjutnya, buka software yang telah Anda unduh dan temukan tempat di mana Anda bisa menempelkan URL video YouTube yang telah Anda salin. Setelah memasukkan URL, klik tombol “Unduh” atau “Mulai Mengunduh” untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Dengan menggunakan software pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengunduh video dari YouTube ke laptop Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan software yang tepercaya dan mengikuti hukum hak cipta yang berlaku.

Menggunakan Ekstensi Browser untuk Mendownload Video YouTube


Logo YouTube

Jika Anda ingin mendownload video langsung dari YouTube, Anda dapat menggunakan ekstensi browser. Ekstensi browser adalah aplikasi kecil yang akan membantu Anda melakukan berbagai tindakan saat browsing di internet. Salah satu ekstensi browser yang populer untuk mendownload video dari YouTube adalah “Download YouTube Videos” atau “YouTube Video Downloader”. Ekstensi ini tersedia di berbagai browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera.

Langkah 1: Install Ekstensi di Browser Anda

Pertama, pastikan Anda telah menginstal browser yang kompatibel dengan ekstensi ini. Kemudian, kunjungi toko ekstensi browser, seperti Chrome Web Store untuk Google Chrome atau Add-ons untuk Mozilla Firefox. Cari ekstensi “Download YouTube Videos” atau “YouTube Video Downloader”, dan klik tombol “Install” untuk memasangnya di browser Anda.

Langkah 2: Buka Video yang Ingin Anda Download

Selanjutnya, buka video yang ingin Anda download di YouTube. Setelah video terbuka, Anda akan melihat tombol baru di dekat video atau di toolbar browser Anda dengan ikon dari ekstensi. Klik ikon tersebut untuk melanjutkan proses download.

Langkah 3: Pilih Format dan Kualitas Video

Saat Anda mengeklik ikon ekstensi, Anda akan melihat pilihan format dan kualitas video yang tersedia. Pilih format yang Anda inginkan, misalnya MP4 atau MP3, dan tentukan kualitas video, seperti 720p atau 1080p. Setelah memilih opsi yang diinginkan, klik tombol “Download” untuk memulai proses download.

Langkah 4: Tunggu Hingga Selesai dan Simpan Video

Setelah Anda mengklik tombol “Download”, ekstensi akan memulai proses download. Anda perlu menunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Setelah selesai, Anda dapat memilih direktori atau folder tempat Anda ingin menyimpan video tersebut di laptop Anda. Setelah memilih lokasi penyimpanan, klik tombol “Simpan” atau “OK” untuk menyimpan video.

Akhir Kata

Jadi, itu dia cara-cara sederhana untuk mendownload video dari YouTube ke laptop kita. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa memiliki koleksi video favorit kita tanpa perlu khawatir kehilangan akses ketika tidak ada koneksi internet. Terlebih lagi, kita bisa menontonnya kapan saja dan di mana saja sesuai keinginan kita. Jadi, tidak perlu bingung lagi ketika ingin menikmati video favorit, cukup ikuti langkah-langkah ini dan kita bisa menontonnya dengan mudah. Selamat mencoba!