Bagaimana Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop

Bagaimana Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop

Pernahkah Anda merasa mata Anda terasa perih dan lelah setiap kali menggunakan laptop? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kecerahan layar laptop Anda yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengatur kecerahan layar laptop agar cocok dengan kondisi pencahayaan ruangan tempat Anda bekerja. Mengatur kecerahan layar laptop tidak hanya akan membantu menjaga kesehatan mata Anda tetapi juga dapat menghemat daya baterai laptop. Nah, dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mengatur kecerahan layar laptop dengan mudah dan praktis. Yuk, simak terus artikel ini!

Menggunakan pengaturan kecerahan bawaan laptop


pengaturan kecerahan laptop

Jika kamu ingin mengatur kecerahan layar laptopmu, langkah pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan pengaturan kecerahan bawaan laptop.

Cara mengatur kecerahan layar menggunakan pengaturan bawaan

1. Cari tombol Fn pada keyboard dan cari ikon kecerahan yang biasanya ditandai dengan simbol matahari kecil. Biasanya, tombol Fn berada di bagian bawah keyboard dekat dengan tombol spasi. Jika kamu menemukannya, kamu sudah siap untuk mengatur kecerahan layar laptopmu.

2. Tekan tombol Fn dan tahan. Sambil menahan tombol Fn, cari tombol yang memiliki ikon kecerahan. Biasanya terletak di baris fungsi atas keyboard atau diangka F1 hingga F12. (Catatan: setiap laptop memiliki tombol yang berbeda-beda untuk mengatur kecerahan. Jadi, pastikan untuk melihat panduan laptopmu jika kamu tidak yakin)

3. Setelah menemukan tombol kecerahan, tekan tombol tersebut secara berulang-ulang untuk menaikkan atau menurunkan kecerahan layar sesuai dengan keinginanmu. Kamu bisa melihat perubahan kecerahan pada layar laptop saat kamu menekan tombol tersebut.

4. Setelah mencapai kecerahan yang diinginkan, lepaskan tombol Fn. Kecerahan layar sudah diatur sesuai dengan preferensimu.

Menggunakan tombol fungsi atau kombinasi keyboard


keyboard laptop

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengatur kecerahan layar laptop adalah dengan menggunakan tombol fungsi atau kombinasi keyboard. Setiap laptop umumnya dilengkapi dengan tombol khusus yang dapat mengatur tingkat kecerahan layar.

Tombol Fungsi

Tombol fungsi biasanya terletak di sudut kiri atau kanan bawah keyboard. Tanda umum yang menandakan tombol fungsi adalah ikon matahari atau gambar layar dengan simbol panah atas dan bawah. Untuk mengatur kecerahan layar menggunakan tombol fungsi, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol fungsi (biasanya ditandai dengan “Fn”) dan mencari tombol dengan ikon atau simbol kecerahan layar. Kemudian, Anda bisa menekan tombol panah atas atau bawah untuk menaikkan atau menurunkan kecerahan layar sesuai keinginan.

Kombinasi Keyboard

Selain menggunakan tombol fungsi, beberapa laptop juga memiliki kombinasi keyboard tertentu yang dapat digunakan untuk mengatur kecerahan layar. Misalnya, kombinasi “Fn” + “F6” atau “Fn” + “F7” dapat digunakan untuk meningkatkan atau mengurangi kecerahan layar. Jika laptop Anda memiliki kombinasi keyboard yang sama, Anda dapat mencobanya untuk mengatur kecerahan layar dengan cepat.

Menggunakan pengaturan kecerahan melalui sistem operasi


bagaimana cara mengatur kecerahan layar laptop

Jika Anda ingin mengatur kecerahan layar laptop Anda, Anda dapat langsung menggunakan pengaturan kecerahan yang disediakan oleh sistem operasi. Fitur ini umumnya terletak di pengaturan tampilan dan mudah diakses.

Pada Windows:

Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat membuka pengaturan kecerahan dengan mengklik kanan pada desktop dan memilih “Display Settings” atau “Screen Resolution”. Di sana, Anda akan melihat opsi untuk mengatur kecerahan layar dengan menggeser penggeser sesuai dengan preferensi Anda. Setelah mengatur kecerahan, klik “Apply” atau “OK” untuk menyimpan perubahan.

Pada Mac:

Jika Anda menggunakan laptop Mac, Anda dapat membuka pengaturan kecerahan dengan mengklik ikon Apple di bagian kiri atas layar dan memilih “System Preferences”. Selanjutnya, klik “Displays” atau “Brightness” dan Anda akan melihat pengaturan kecerahan di sana. Geser penggeser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan atau ke kiri untuk mengurangi kecerahan, lalu klik “Apply” atau “OK” untuk menyimpan perubahan.

Pada Linux:

Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, pengaturan kecerahan layar dapat bervariasi tergantung pada distribusi yang Anda gunakan. Namun, umumnya Anda dapat menemukan pengaturan kecerahan di pengaturan tampilan atau pengaturan energi. Cari opsi yang sesuai dan atur kecerahan sesuai dengan keinginan Anda.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatur kecerahan layar laptop

aplikasi pengatur kecerahan layar laptop

Bagi yang merasa belum puas dengan pengaturan kecerahan layar laptop bawaan, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengatur kecerahan layar dengan lebih fleksibel. Berikut adalah beberapa aplikasi yang populer digunakan:

1. F.lux

F.lux adalah aplikasi gratis yang tersedia untuk pengguna Windows, macOS, Linux, dan iOS. Aplikasi ini secara otomatis mengatur kecerahan layar berdasarkan waktu dan lokasi Anda. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk mengurangi kelelahan mata dan membantu tidur yang lebih baik dengan mengurangi paparan cahaya biru pada malam hari.

2. Redshift

Redshift adalah aplikasi serupa dengan F.lux yang berfungsi untuk mengurangi kelelahan mata dengan mengurangi cahaya biru pada layar. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Linux dan macOS.

3. Dimmer

Dimmer adalah aplikasi pengatur kecerahan layar yang sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat menyesuaikan kecerahan layar dengan menggunakan bilah geser atau kombinasi tombol pintas.

4. Windows 10 Night Light

Windows 10 Night Light

Bagi pengguna Windows 10, Anda juga dapat memanfaatkan fitur bawaan yang disebut Windows 10 Night Light. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengurangi paparan cahaya biru pada malam hari guna meningkatkan kenyamanan dan membantu tidur yang lebih baik.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, Anda dapat lebih fleksibel dalam mengatur kecerahan layar laptop sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi laptop Anda dan mulai nikmati tampilan layar yang lebih nyaman dan ramah bagi mata Anda.

Akhir Kata

Jadi, itu dia beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop kamu. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan kecerahan layar laptop sesuai dengan kebutuhanmu. Ingat, kecerahan layar yang tepat tidak hanya membuat pengalaman menggunakan laptopmu lebih nyaman, tetapi juga dapat menghemat daya baterai laptop. Jadi, jangan ragu untuk mencoba tips-tips di atas dan nikmati penggunaan laptop yang lebih baik!