Bagaimana Cara Mengecek Ijazah di DIKTI

Bagaimana Cara Mengecek Ijazah di DIKTI

Hai, kamu pernahkah bertanya-tanya tentang cara mengecek ijazah di DIKTI? Jika ya, kamu berada di tempat yang tepat! DIKTI atau Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merupakan wadah utama dalam mengelola dan mengawasi sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui DIKTI, kita dapat dengan mudah mengecek keabsahan sebuah ijazah. Tidak jarang kita disuruh untuk melampirkan ijazah saat melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan. Oleh karena itu, mengetahui cara mengecek ijazah di DIKTI bisa sangat berguna. Nah, di artikel ini akan dijelaskan langkah-langkahnya. Yuk, simak lebih lanjut!

Langkah-langkah untuk Mengecek Ijazah di Dikti

ijazah dikti

Apakah kamu perlu mengecek keabsahan ijazah kamu di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti)? Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana yang dapat kamu ikuti untuk mengecek ijazah di Dikti.

Mengunjungi Situs Resmi Dikti

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs resmi Dikti. Kamu bisa mencarinya di mesin pencari seperti Google dengan mengetikkan “situs resmi Dikti” pada kolom pencarian. Pilih link yang benar-benar dari situs resmi Dikti agar tidak tertipu dengan situs palsu.

Masuk ke Menu Pencarian Ijazah

Setelah kamu berada di situs resmi Dikti, cari menu atau bagian yang berkaitan dengan pencarian ijazah. Biasanya, menu ini dapat ditemukan di bagian layanan publik atau informasi terkait ijazah.

Mengisi Data yang Diperlukan

Setelah masuk ke menu pencarian ijazah, kamu akan diminta untuk mengisi data yang diperlukan. Isilah dengan lengkap dan benar sesuai dengan yang tertera di ijazah kamu, seperti nama lengkap, nomor ijazah, nomor identitas, dan sebagainya.

Melakukan Verifikasi

Setelah mengisi data yang diperlukan, klik tombol verifikasi atau cek ijazah. Tunggu beberapa saat sampai sistem memproses data yang kamu berikan. Jika data yang kamu berikan valid, maka akan muncul hasil pencarian yang menyatakan keabsahan ijazah kamu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa dengan mudah mengecek keaslian dan keabsahan ijazahmu di Dikti. Jangan lupa untuk selalu menyimpan dan merawat ijazah dengan baik, karena ijazah merupakan bukti resmi kelulusanmu dalam pendidikan.

Situs Resmi Dikti sebagai Sumber Informasi


logo dikti

Jika Anda ingin mengecek keaslian sebuah ijazah, Anda dapat mengandalkan Situs Resmi Dikti sebagai sumber informasi yang terpercaya. Situs resmi Dikti adalah website yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Melalui situs ini, Anda dapat memverifikasi keabsahan ijazah yang diterbitkan oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Cara Mengecek Ijazah di Dikti

Untuk mengecek ijazah di Dikti, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka browser dan ketik www.dikti.go.id pada alamat situs.
  • Pilih opsi “Verifikasi Ijazah dan Data Perguruan Tinggi” yang terletak di menu utama situs.
  • Masukkan nomor seri ijazah yang ingin Anda periksa pada kolom yang tersedia.
  • Klik tombol “Cari” dan tunggu beberapa saat.
  • Sistem akan memberikan informasi keaslian ijazah serta data perguruan tinggi terkait.

Anda harus memastikan nomor seri ijazah yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan yang tertera pada dokumen fisik untuk memperoleh hasil yang akurat. Jika hasil verifikasi menunjukkan bahwa ijazah asli, maka Anda dapat mempercayai keabsahan ijazah tersebut. Namun, jika hasil verifikasi menunjukkan tanda-tanda pemalsuan atau ketidaksesuaian data, sebaiknya segera hubungi pihak perguruan tinggi terkait untuk klarifikasi lebih lanjut.

Dengan menggunakan Situs Resmi Dikti sebagai sumber informasi, Anda dapat memastikan keaslian ijazah dan melindungi diri Anda dari penipuan atau pemalsuan ijazah. Jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah di atas dan memverifikasi keabsahan ijazah sebelum menggunakannya untuk keperluan resmi seperti melamar pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagaimana Cara Menggunakan Situs Resmi Dikti untuk Mengetahui Ijazah


ijazah

Untuk mengecek ijazah di Dikti, Anda dapat menggunakan situs resmi Dikti yang telah disediakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan situs tersebut:

Langkah 1: Buka Situs Resmi Dikti

Langkah pertama adalah membuka situs resmi Dikti melalui browser Anda. Ketikkan “Dikti” atau “Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi” di mesin pencari seperti Google, kemudian pilih situs resmi Dikti yang muncul di hasil pencarian.

Langkah 2: Cari Menu Verifikasi Ijazah

Setelah Anda masuk ke situs resmi Dikti, cari menu yang bertuliskan “Verifikasi Ijazah” atau “Cek Validitas Ijazah” di halaman utama situs tersebut.

verifikasi ijazah

Langkah 3: Masukkan Data Ijazah

Setelah menemukan menu verifikasi ijazah, klik menu tersebut dan akan muncul formulir yang harus diisi. Isilah formulir tersebut dengan data ijazah yang ingin Anda cek, seperti nomor ijazah, nama lengkap, dan universitas.

Jika Anda tidak memiliki nomor ijazah atau informasi lain yang diminta, Anda dapat menghubungi universitas tempat Anda mendapatkan ijazah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

Setelah mengisi formulir dengan lengkap, klik tombol verifikasi atau cek validitas. Setelah itu, Anda akan menerima hasil verifikasi yang menampilkan keabsahan ijazah yang Anda cek. Jika ijazah valid, Anda dapat menggunakan hasil verifikasi tersebut sesuai dengan keperluan Anda.

Alternatif Cara Mengecek Validitas Ijazah di Dikti


Alternatif Cara Mengecek Validitas Ijazah di Dikti

Saat ini, mengecek validitas ijazah di Dikti tidak perlu repot-repot datang ke kantor atau menghubungi pihak terkait. Ada beberapa alternatif cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecek validitas ijazahmu dengan cepat dan mudah melalui internet. Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa kamu coba:

Melalui Situs Resmi Dikti

Situs web resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (dikti) menyediakan fasilitas untuk mengecek validitas ijazah. Kamu dapat mengakses situs tersebut melalui browser di perangkatmu seperti laptop, smartphone, atau tablet. Setelah masuk ke situs resmi Dikti, cari fitur atau menu yang bertuliskan “Cek Ijazah” atau “Cek Validitas Ijazah”. Kemudian, isikan data-data yang diminta seperti nama lengkap, nomor ijazah, dan lainnya. Setelah mengisi semua data yang diperlukan, klik tombol “Cek Validitas” atau semacamnya. Dalam beberapa detik, hasil validasi ijazahmu akan muncul di layar.

Melalui Aplikasi Dikti

Selain situs web, Dikti juga menyediakan aplikasi resmi yang dapat diunduh dan diinstal pada perangkatmu. Kamu tinggal cari aplikasi “Cek Validasi Ijazah Dikti” di Play Store (jika menggunakan Android) atau App Store (jika menggunakan iOS). Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut dan ikuti langkah-langkah yang sama seperti saat menggunakan situs web resmi Dikti. Dalam hitungan detik, hasil validasi ijazahmu akan muncul di layar smartphone atau tabletmu.

Akhir Kata

Jadi, sebagai penutup, sekarang sudah lebih mudah untuk mengecek keaslian ijazah melalui DIREKTORAT PLKST. Proses yang cukup sederhana dan cepat akan membantu kita dalam memverifikasi pemalsuan ijazah dan mencari informasi mengenai lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Jangan lupa untuk selalu memeriksa keaslian ijazah sebelum menyerahkan dalam suatu seleksi atau pendaftaran kerja demi kelancaran dan keamanan karier kita. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera cek ijazahmu sekarang juga!