Bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran Video

Mengecilkan_Ukuran_Video

Wah, lagi pengen ngirim video ke teman-temanmu tapi ukurannya terlalu besar? Nah, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan ukuran video tersebut, lho! Dengan ukuran video yang lebih kecil, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan di perangkatmu dan memudahkan proses pengiriman. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan kompresor video online yang dapat mengurangi ukuran file tanpa mengorbankan kualitas gambar dan suara. Tertarik mencoba? Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui cara-cara mengecilkan ukuran video dengan mudah!

Menggunakan kompresor video online atau aplikasi

bagaimana cara mengecilkan ukuran video

Jika kamu ingin mengecilkan ukuran video tanpa terlalu ribet, kamu bisa menggunakan kompresor video online atau aplikasi. Ada banyak pilihan yang tersedia, baik yang bisa diakses melalui website maupun aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Menggunakan kompresor video online

Jika kamu ingin menggunakan kompresor video online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari situs yang bisa dipercaya dan aman untuk mengompresi video. Kamu bisa mencari dengan menggunakan kata kunci seperti “kompresor video online” atau “compress video online” melalui mesin pencarian favoritmu.

Ketika kamu sudah menemukan situs yang sesuai, buka situs tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan. Biasanya, kamu akan diminta untuk mengunggah video yang ingin dikompresi ke situs tersebut. Setelah itu, situs akan mengompresi video secara otomatis dan memberikan link untuk mengunduh video yang telah dikompresi. Kamu juga bisa mengatur pengaturan kompresi, seperti mengatur resolusi atau bitrate, sesuai kebutuhanmu.

Jangan lupa untuk memeriksa jenis file video yang didukung oleh situs kompresor tersebut sebelum mengunggah video, agar tidak ada masalah dalam proses pengompresiannya.

Mengubah format video menjadi yang lebih efisien


Mengubah format video

Jika kamu ingin mengecilkan ukuran video, salah satu cara yang efektif adalah dengan mengubah format videonya menjadi yang lebih efisien. Biasanya, video terekam dalam format yang besar seperti MP4 atau AVI, yang memakan banyak ruang penyimpanan. Namun, kamu dapat mengkonversi video tersebut ke format yang lebih efisien seperti MP4 dengan resolusi yang lebih rendah atau format lain seperti FLV atau webM. Dengan mengubah format video, kamu dapat mengurangi ukuran file secara signifikan tanpa mengorbankan kualitas gambar yang terlalu banyak.

Langkah-langkah untuk mengubah format video:

1. Cari aplikasi konversi video yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.

2. Unduh dan pasang aplikasi tersebut di perangkatmu.

3. Buka aplikasi dan pilih opsi konversi video.

4. Pilih video yang ingin kamu ubah formatnya.

5. Tentukan format yang ingin kamu ubah menjadi.

6. Atur pengaturan lain seperti resolusi atau bitrate sesuai kebutuhanmu.

7. Mulai proses konversi dan tunggu hingga selesai.

8. Setelah selesai, kamu bisa mendapatkan versi video yang lebih efisien dan ukurannya lebih kecil.

9. Jika diperlukan, kamu juga dapat menggabungkan langkah ini dengan alat lain seperti kompresi video untuk mendapatkan ukuran file yang lebih kecil secara optimal.

Memotong bagian tidak perlu dari video


Memotong bagian tidak perlu dari video

Bagian ketiga yang perlu kamu pelajari dalam cara mengecilkan ukuran video adalah memotong bagian tidak perlu. Saat merekam video, terkadang kamu akan menemui bagian yang kurang penting atau tidak relevan. Nah, dengan memotong bagian ini, kamu bisa mengurangi ukuran file video secara signifikan.

Menggunakan aplikasi pemotong video

Untuk memotong bagian tidak perlu dari video, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi pemotong video di smartphone atau komputermu. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah Adobe Premiere Pro. Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah memotong video sesuai dengan kebutuhanmu. Pertama-tama, impor video yang ingin kamu potong ke dalam aplikasi. Selanjutnya, pergi ke timeline dan cari titik awal dan akhir bagian yang ingin kamu hapus. Setelah menentukan titik potong, kamu dapat menghapusnya dengan mengklik tombol “delete” atau “hapus”. Terakhir, simpan video hasil potonganmu dengan mengklik opsi “export” atau “ekspor”.

Ada juga aplikasi pemotong video yang lebih sederhana, seperti Videoshop atau InShot, yang dapat kamu unduh secara gratis di Play Store atau App Store. Dengan aplikasi ini, kamu dapat memotong video dengan beberapa langkah sederhana, seperti menentukan titik awal dan akhir potongan, menghapusnya, dan menyimpan video baru yang sudah dipotong.

Akhir Kata

Jadi, sekarang kamu tahu bagaimana cara mengecilkan ukuran video dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat mengompress video secara efektif tanpa mengurangi kualitasnya. Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan tujuan dan kebutuhanmu sebelum memilih metode kompresi yang tepat. Selamat mencoba!