Bagaimana Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Hilang

Bagaimana Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Hilang

Udah capek-capek chatting, eh tiba-tiba chat WhatsApp yang penting ilang semua? Bikin frustasi banget kan! Tapi tenang, jangan panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Pertama, kamu bisa cek di folder Arsip. Buka aplikasi WhatsApp lalu buka menu Pengaturan dan pilih Chat > Chat Backup. Disana kamu akan melihat pilihan Arsip Chat. Cek apakah ada arsip chat terbaru yang kamu butuhkan. Kedua, kamu bisa mencoba mengembalikan chat lewat Google Drive atau iCloud. Jika kamu sudah mengaktifkan fitur backup otomatis di kedua layanan ini, kemungkinan besar kamu bisa mendapatkan kembali chat yang hilang.

Penyebab kehilangan chat WhatsApp


chat whatsapp yang hilang

Saat ini, WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Namun, ada kalanya chat WhatsApp yang penting bisa hilang secara tiba-tiba. Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan hilangnya chat WhatsAppmu, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Pemulihan Data dari Backup

Pertama-tama, periksa apakah kamu memiliki salinan cadangan (backup) chat WhatsAppmu. Kamu dapat memulihkan percakapan yang hilang dengan menginstal ulang aplikasi WhatsApp dan memulihkan chat dari backup. Namun, pastikan kamu memiliki file backup yang memadai sebelum mencobanya.

Perangkat yang Rusak

Kerusakan pada perangkat juga dapat menyebabkan hilangnya chat WhatsAppmu. Jika perangkatmu mengalami kerusakan atau terjatuh, chat yang disimpan di dalamnya mungkin menjadi hilang. Dalam situasi seperti ini, kamu dapat mencoba menghubungi layanan penjualan atau dukungan teknis untuk memperbaiki perangkatmu atau mencari solusi lainnya.

Penghapusan Tidak Sengaja

Kadang-kadang, kita secara tidak sengaja menghapus chat WhatsApp yang penting. Ini dapat terjadi saat kita membersihkan percakapan atau saat perangkat kita terisi penuh dan kita secara tidak sadar menghapus chat tersebut. Jadi, pastikan untuk hati-hati saat membersihkan percakapan atau membuat salinan cadangan chat WhatsAppmu secara teratur.

Deleted whatsapp chat

Kesimpulannya, ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan hilangnya chat WhatsApp. Mulai dari pemulihan data dari backup, perangkat yang rusak, hingga penghapusan tidak sengaja. Penting bagi kita untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menghindari hilangnya chat WhatsApp yang penting.

Cara mencari chat WhatsApp yang hilang di penyimpanan ponsel


Cara mencari chat WhatsApp yang hilang di penyimpanan ponsel

Jika kamu pernah kehilangan sebagian atau semua chat WhatsApp di ponselmu, jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mencari kembali chat yang hilang.

1. Mengecek folder arsip

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek folder arsip dalam penyimpanan ponselmu. Pada WhatsApp, terdapat opsi untuk otomatis mengarsipkan chat lama. Jadi, bisa jadi chat yang hilang telah tersimpan di folder arsip. Untuk mencarinya, buka aplikasi WhatsApp, geser layar ke bawah pada halaman utama, dan pilih “Arsip Chat”. Di sana kamu bisa menemukan chat yang hilang.

2. Membuka salinan cadangan di Google Drive

Membuka salinan cadangan chat WhatsApp di Google Drive

Jika folder arsip tidak mengembalikan chat yang hilang, kamu bisa mencoba membuka salinan cadangan chat di Google Drive. WhatsApp menyediakan fitur cadangan otomatis yang memungkinkan pengguna menyimpan salinan chat di Google Drive. Untuk membuka salinan cadangan, pastikan kamu telah melakukan cadangan chat sebelumnya dan menggunakan akun yang sama. Buka aplikasi WhatsApp, verifikasi nomor teleponmu, dan ikuti petunjuk pemulihan chat di Google Drive. Setelah tahap ini selesai, aplikasi akan memulihkan chat yang hilang dengan sendirinya.

Dengan menggunakan kedua metode ini, diharapkan kamu dapat mengembalikan chat WhatsApp yang hilang dalam waktu singkat. Jangan lupa untuk mengambil langkah-langkah pencegahan, seperti rutin mencadangkan chat, agar tidak kehilangan data penting di masa depan.

Mengembalikan chat WhatsApp yang hilang dari cadangan Google Drive


mengembalikan chat WhatsApp dari cadangan Google Drive

Jika Anda telah melakukan cadangan chat WhatsApp ke akun Google Drive Anda, ada cara untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang menggunakan cadangan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Masuk ke akun Google Drive

Pertama-tama, buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda dan pastikan Anda masuk ke akun yang sama dengan akun Google Drive yang telah digunakan untuk melakukan cadangan chat WhatsApp.

Cari file cadangan WhatsApp

Setelah masuk ke akun Google Drive, cari file cadangan WhatsApp dengan mencari file yang berformat “msgstore.db.crypt12”. File ini merupakan file cadangan chat WhatsApp Anda.

file cadangan WhatsApp Google Drive

Pulihkan chat WhatsApp yang hilang

Jika Anda telah menemukan file cadangan WhatsApp, pilih file tersebut dan pilih opsi untuk mengembalikannya. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran file cadangan dan kecepatan internet Anda. Setelah proses selesai, Anda dapat membuka WhatsApp dan melihat bahwa chat yang hilang telah pulih.

Dengan menggunakan cadangan WhatsApp di Google Drive, Anda dapat mengembalikan chat WhatsApp yang hilang dengan mudah. Pastikan Anda sering melakukan cadangan agar tidak kehilangan chat penting Anda.

Memulihkan chat WhatsApp yang hilang menggunakan aplikasi pihak ketiga


aplikasi pihak ketiga

Jika Anda tidak berhasil mengembalikan chat WhatsApp yang hilang menggunakan metode yang disediakan oleh WhatsApp, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut dirancang khusus untuk memulihkan data yang hilang, termasuk chat WhatsApp yang telah terhapus.

Layar aplikasi pihak ketiga

Salah satu contoh aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan adalah “Recover WhatsApp Chat”. Setelah menginstal aplikasi ini di perangkat Anda, buka aplikasi tersebut dan Anda akan melihat tampilan layar utama.

Pilih pemulihan data

Pada layar utama aplikasi tersebut, Anda akan melihat beberapa opsi pemulihan data, seperti pemulihan pesan WhatsApp, pemulihan foto dan video, atau pemulihan data lainnya. Pilih opsi pemulihan pesan WhatsApp untuk memulihkan chat yang hilang.

Pilih chat WhatsApp yang ingin dipulihkan

Setelah memilih opsi pemulihan pesan WhatsApp, aplikasi akan memindai perangkat Anda dan menampilkan daftar chat WhatsApp yang telah terhapus. Pilih chat yang ingin Anda pulihkan dan klik tombol “Pulihkan” untuk memulai proses pemulihan.

Tunggu hingga selesai

Aplikasi akan memulai proses pemulihan chat WhatsApp yang hilang. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet dan tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, chat WhatsApp yang hilang seharusnya telah berhasil dipulihkan dan akan muncul kembali di aplikasi WhatsApp Anda.

Jangan lupa untuk memilih aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan bereputasi baik. Selalu periksa ulasan pengguna sebelum menginstal aplikasi tersebut. Berhati-hatilah agar tidak mengunduh aplikasi yang mencurigakan yang dapat membahayakan perangkat Anda.

aplikasi pihak ketiga

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan chat WhatsApp yang hilang. Meskipun terkadang chat yang hilang tidak dapat sepenuhnya dikembalikan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan kembali pesan yang penting bagi kamu. Pastikan juga untuk sering melakukan backup data chat WhatsApp di cloud atau menggunakan fitur backup di dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri agar chat-chat kamu aman dan tidak hilang begitu saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!