Bagaimana Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Bagaimana Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Wah, pasti sangat menyebalkan jika file penting di smartphone Android kamu secara tidak sengaja terhapus. Namun tenang saja, masih ada cara untuk mengembalikan file-file tersebut. Tidak perlu panik dan memusingkan kehilangan data, artikel ini akan memberikan tips dan trik tentang bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Dengan beberapa langkah sederhana dan bantuan aplikasi penyelamat data yang handal, kamu dapat mengakses kembali foto, video, pesan, dan dokumen yang telah terhapus. Yuk, simak tutorialnya berikut ini!

Langkah-langkah untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android


android

Jika Anda telah menghapus file penting dari perangkat Android Anda, jangan panik! Masih ada harapan untuk mengembalikan file-file tersebut. Berikut adalah langkah-langkah dasar yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan file yang terhapus di Android Anda:

1. Periksa folder Tempat Sampah

Pertama, periksa folder “Tempat Sampah” di ponsel Android Anda. Banyak aplikasi pihak ketiga menyediakan fitur Tempat Sampah yang menyimpan file yang telah dihapus. Buka aplikasi file manager atau aplikasi penyimpanan, periksa apakah ada folder Tempat Sampah di sana. Jika ada, buka folder tersebut dan periksa apakah file yang ingin Anda pulihkan ada di dalamnya. Jika iya, pilih file tersebut, tekan tombol simpan kembali ke perangkat Android Anda.

tempat sampah di android

Jika Anda tidak menemukan folder “Tempat Sampah” di perangkat Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android


cara menemukan file terhapus di android

Bagi pengguna Android yang mengalami kehilangan file yang penting, jangan khawatir! Ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android dengan menggunakan aplikasi pemulihan data. Aplikasi ini dapat memulihkan file yang sengaja atau tidak sengaja terhapus dari perangkat Android Anda.

1. Pilih dan Unduh Aplikasi Pemulihan Data

Langkah pertama adalah memilih dan mengunduh aplikasi pemulihan data yang dapat Anda temukan di Google Play Store. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia, seperti DiskDigger, EaseUS MobiSaver, atau Wondershare Dr.Fone. Pastikan untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

2. Instal dan Jalankan Aplikasi Pemulihan Data

Setelah mengunduh aplikasi pemulihan data, instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Setelah terinstal, jalankan aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan. Aplikasi akan melakukan pemindaian pada perangkat Android Anda untuk mencari file yang terhapus.

3. Pilih File yang Ingin Dikembalikan

Setelah aplikasi selesai melakukan pemindaian, Anda akan melihat daftar file yang ditemukan. Terdapat berbagai jenis file yang dapat dipulihkan, seperti foto, video, dokumen, atau pesan teks. Pilih file-file yang ingin Anda kembalikan dan ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk mengembalikan file tersebut.

4. Simpan File yang Telah Dikembalikan

Setelah Anda memilih file yang ingin dikembalikan, aplikasi akan memberikan opsi untuk menyimpan file tersebut. Anda dapat memilih untuk menyimpan file tersebut langsung pada perangkat Android Anda atau mengirimkannya ke penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengembalikan file yang terhapus di Android. Selalu ingatlah untuk melakukan backup file penting secara teratur agar dapat menghindari kehilangan data di masa mendatang.

Menggunakan Fitur Penyimpanan Google Drive untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Google Drive

Fitur penyimpanan Google Drive merupakan salah satu solusi yang efektif untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Dengan Google Drive, Anda dapat menyimpan file dan mendukung sinkronisasi otomatis antara perangkat yang terhubung. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur penyimpanan Google Drive:

Mengaktifkan Sinkronisasi Google Drive

Pertama, pastikan Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Google Drive di perangkat Android Anda. Buka aplikasi Settings (Pengaturan), cari opsi “Google” dan pilih akun Google yang terhubung. Aktifkan sinkronisasi Google Drive dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

Menggunakan Folder Google Drive

Setelah sinkronisasi diaktifkan, Anda dapat menggunakan folder Google Drive untuk mengelola file Anda. Pergi ke aplikasi File Manager di perangkat Android, pilih folder Google Drive, dan cari file yang ingin Anda pulihkan.

Memulihkan File yang Terhapus

Jika file yang ingin Anda pulihkan berada dalam folder Trash (Tempat Sampah) di Google Drive, kembali ke aplikasi Google Drive dan masuk ke folder Trash. Pilih file yang ingin dipulihkan, ketuk ikon “Restore” (Pulihkan) untuk mengembalikan file ke lokasi aslinya.

Jika file yang ingin Anda pulihkan tidak berada dalam folder Trash, Anda mungkin perlu menggunakan fitur restore (pemulihan) Google Drive yang digunakan untuk memulihkan file yang terhapus dalam kurun waktu 30 hari terakhir.

Google Drive Trash

Untuk menggunakan fitur tersebut, buka Google Drive di browser dan masuk dengan akun Google yang terhubung. Buka menu “Settings” (Pengaturan), pilih opsi “Manage backups” (Kelola cadangan), dan cari file yang ingin Anda pulihkan. Kemudian, ikuti petunjuk untuk mengembalikan file tersebut ke lokasi aslinya.

Mencegah Penghapusan File yang Tidak diinginkan di Android


cara mengembalikan file yang terhapus di android

Bagi pengguna Android, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencegah penghapusan file yang tidak diinginkan. Dalam sub bagian ini, kami akan menjelaskan dengan lebih lengkap tentang langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kehilangan file penting di perangkat Android Anda.

Pernahkah Anda kehilangan file penting di ponsel Android Anda? Jangan khawatir! Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencegah penghapusan file yang tidak diinginkan di Android:

1. Cadangkan data secara teratur: Pastikan Anda secara teratur mencadangkan data penting Anda ke cloud atau perangkat lain. Anda dapat menggunakan layanan seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Dengan mencadangkan data Anda, Anda akan memiliki salinan file penting Anda jika terjadi penghapusan.

2. Gunakan aplikasi keamanan: Instal aplikasi keamanan terpercaya yang dapat membantu Anda melindungi file Anda dari penghapusan yang tidak disengaja. Aplikasi semacam ini biasanya dilengkapi dengan fitur untuk mengunci dan melindungi file dari akses yang tidak sah.

3. Hapus file secara hati-hati: Saat menghapus file, pastikan Anda berhati-hati dan memastikan bahwa yang dihapus adalah file yang memang tidak diperlukan. Jangan sembarangan menghapus file tanpa memeriksanya terlebih dahulu.

4. Batasi hak akses aplikasi: Periksa dan batasi hak akses aplikasi yang Anda instal di ponsel Anda. Beberapa aplikasi mungkin memiliki akses ke file Anda dan dapat menghapusnya tanpa izin. Pastikan Anda memberikan izin akses hanya kepada aplikasi yang terpercaya dan diperlukan saja.

batasi hak akses aplikasi android

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan file penting di perangkat Android Anda. Jaga keamanan data Anda dan hindari kekhawatiran yang tidak perlu.

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan file yang terhapus di Androidmu. Meskipun file yang terhapus sebenarnya sulit untuk benar-benar dipulihkan secara keseluruhan, namun dengan menggunakan teknik-teknik dan aplikasi yang tepat, ada harapan untuk mendapatkan kembali file yang hilang. Jadi, ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam menghapus file dan backup secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!