Bagaimana Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus

{Bagaimana Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus}

Apakah Anda pernah kehilangan foto atau video penting di perangkat Anda? Itu bisa menjadi momen yang sangat menyedihkan, terutama jika Anda tidak tahu cara mengembalikannya. Tetapi jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips tentang bagaimana cara mengembalikan foto dan video yang terhapus dengan mudah. Ada beberapa metode yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan aplikasi khusus hingga memulihkan data dari cadangan cloud Anda. Jadi, jika Anda ingin belajar cara mengembalikan foto dan video yang terhapus, teruslah membaca!

Menggunakan aplikasi pemulihan data


aplikasi pemulihan data

Bagi kamu yang tidak ingin repot dan lebih memilih solusi praktis, kamu dapat menggunakan aplikasi pemulihan data untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di perangkatmu. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store atau App Store, beberapa di antaranya adalah DiskDigger, Recuva, dan dr.fone.

DiskDigger

DiskDigger adalah salah satu aplikasi pemulihan data yang populer di antara pengguna Android. Aplikasi ini dapat mendeteksi dan mengembalikan foto dan video yang terhapus baik dari memori internal maupun kartu SD. Langkah penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menginstal aplikasi ini, membukanya, dan memilih jenis file yang ingin kamu pulihkan. Setelah itu, aplikasi akan memulai proses pemulihan data dan menampilkan hasilnya yang dapat kamu simpan kembali ke galeri ponselmu.

Recuva

Recuva merupakan aplikasi pemulihan data yang dapat digunakan di perangkat Windows. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengembalikan file yang terhapus dari hard drive, kartu SD, dan perangkat lainnya. Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi ini, membukanya, memilih lokasi penyimpanan data, dan memulai proses pemulihan. Recuva akan menampilkan daftar file yang dapat di pulihkan, dan kamu dapat memilih file yang ingin kamu kembalikan.

Mengutak-atik folder sampah


Mengutak-atik folder sampah

Jika Anda telah menghapus foto atau video secara tidak sengaja, Anda mungkin beruntung karena ada kemungkinan file-file tersebut masih berada di folder sampah ponsel Anda. Namun, perlu diingat bahwa foto atau video yang terhapus biasanya hanya ada dalam folder sampah untuk jangka waktu tertentu sebelum benar-benar dihapus secara permanen.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, cari aplikasi File Manager di ponsel Anda (biasanya memiliki ikon map dengan nama “FileManager” atau “File Explorer”).

2. Buka aplikasi tersebut dan cari opsi “Sampah” atau “Trash”. Klik atau sentuh opsi tersebut untuk membukanya.

3. Di dalam folder Sampah, Anda akan melihat daftar file yang telah dihapus. Gulir atau geser layar ke atas atau ke bawah untuk mencari foto atau video yang ingin Anda pulihkan.

4. Jika Anda menemukan file yang ingin dikembalikan, sentuh dan tahan file tersebut hingga muncul opsi. Kemudian, pilih opsi “Kembalikan” atau “Restore” untuk mengembalikan file ke tempat asalnya.

5. Setelah mengembalikan foto atau video yang terhapus, pastikan untuk memeriksa kembali galeri atau aplikasi penyimpanan file ponsel Anda untuk memastikan bahwa file tersebut telah pulih dengan sukses.

Mengutak-atik folder sampah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan foto dan video yang telah terhapus dari folder sampah ponsel Anda. Namun, agar tetap aman, penting untuk secara rutin melakukan cadangan data penting Anda untuk mencegah kehilangan permanen.

Memanfaatkan layanan cloud storage


cloud storage

Ketika foto atau video yang kita simpan di perangkat kita terhapus, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengembalikannya, yaitu dengan memanfaatkan layanan cloud storage. Cloud storage adalah layanan yang memungkinkan kita untuk menyimpan data di server yang terhubung dengan internet, sehingga kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja.

Langkah-langkah mengembalikan foto dan video yang terhapus melalui layanan cloud storage

Pertama, pastikan kita sudah memiliki akun cloud storage yang terhubung dengan perangkat kita. Beberapa layanan cloud storage populer antara lain Google Drive, Dropbox, dan iCloud. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Akses akun cloud storage kita melalui perangkat atau melalui website resminya.
  2. Cari folder atau direktori tempat foto atau video yang terhapus seharusnya ada.
  3. Cek apakah ada fitur recycle bin atau tempat sampah di layanan cloud storage kita. Jika ada, buka tempat sampah tersebut.
  4. Temukan foto atau video yang ingin dikembalikan dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke dalam folder asal atau folder baru.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya foto atau video yang terhapus akan dapat dikembalikan ke perangkat kita melalui layanan cloud storage yang kita gunakan. Perlu diingat bahwa proses ini hanya akan berhasil jika foto atau video yang terhapus masih ada dalam tempat sampah layanan cloud storage.

Menggunakan software pemulihan data profesional

software pemulihan data profesional

Ada berbagai jenis software pemulihan data profesional yang tersedia di pasaran. Salah satu software yang populer dan dapat diandalkan adalah EaseUS Data Recovery Wizard.

Mengapa menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard?

EaseUS Data Recovery Wizard adalah software pemulihan data yang ampuh dan mudah digunakan. Software ini dapat memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto dan video, yang telah terhapus atau hilang.

Keunggulan utama dari EaseUS Data Recovery Wizard antara lain:

  • Kemampuan pemulihan yang mendalam: Software ini dapat memulihkan data dari berbagai jenis perangkat penyimpanan, seperti hard disk, flash drive, dan kartu memori.
  • Antarmuka yang sederhana: Dengan antarmuka yang intuitif, Anda dapat dengan mudah memulai pemulihan data tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.
  • Fleksibilitas pemulihan: Anda dapat memilih file mana yang ingin dipulihkan, sehingga tidak perlu memulihkan seluruh data yang ada.

Dengan menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard, Anda dapat memulihkan foto dan video yang terhapus dengan cepat dan efektif. Software ini menyediakan solusi yang andal untuk mengembalikan file yang hilang, dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan pengguna.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan foto dan video yang terhapus di smartphone mu. Meskipun terkadang pasti ada foto yang sangat penting atau video yang sangat berarti yang terhapus, tapi jangan panik dulu. Dengan menggunakan metode yang telah dijelaskan di atas, kemungkinan besar foto dan video kamu masih bisa kembali tanpa ada kerugian yang lebih besar. Selain itu, pastikan juga untuk selalu melakukan backup secara teratur agar data kamu tidak hilang secara permanen. Jadi, sekarang kamu bisa dengan tenang mengatasi masalah ketika foto dan video terhapus dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu!