bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp android

bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp android

Jika Anda pernah menghapus foto atau video penting di HP Android Anda secara tidak sengaja, jangan panik! Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file-file tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan data khusus untuk Android. Aplikasi ini akan melakukan pemindaian pada perangkat Anda dan mencari file yang telah terhapus. Setelah itu, Anda bisa memilih file yang ingin dipulihkan dan mengembalikannya secara langsung ke perangkat Anda. Kendati demikian, sebaiknya segera lakukan tindakan ini setelah sadar bahwa foto atau video telah terhapus, karena semakin lama file tersebut terhapus, semakin sulit untuk mengembalikannya.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Foto


aplikasi pemulihan foto android

Foto-foto yang telah terhapus di hp Android dapat diperoleh kembali melalui aplikasi pemulihan foto yang tersedia di Google Play Store. Ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan, seperti DiskDigger, DigDeep Image Recovery, dan Dumpster.

DiskDigger

DiskDigger adalah salah satu aplikasi pemulihan foto terbaik untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp Android. Aplikasi ini memanfaatkan kemampuannya untuk memindai dan memulihkan berbagai jenis file, termasuk format foto seperti JPG dan PNG.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi DiskDigger:

  1. Install dan buka aplikasi DiskDigger di hp Android Anda.
  2. Pilih partisi atau lokasi penyimpanan eksternal tempat foto Anda terhapus.
  3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai melakukan pemindaian.
  4. Pilih foto yang ingin Anda pulihkan, kemudian tekan tombol Recover.
  5. Tentukan lokasi penyimpanan baru untuk foto yang dipulihkan.
  6. Selesai! Foto yang terhapus sekarang telah kembali.

Dengan aplikasi pemulihan foto seperti DiskDigger, Anda dapat mengembalikan foto-foto berharga yang telah terhapus di hp Android Anda dengan mudah. Selain DiskDigger, Anda juga dapat mencoba aplikasi pemulihan foto lain yang tersedia di Google Play Store.

Mengakses Folder Tempat Penyimpanan Sementara


Cara mengakses folder tempat penyimpanan sementara di hp android

Salah satu cara untuk mengembalikan foto yang telah terhapus di hp Android adalah dengan mengakses folder tempat penyimpanan sementara. Folder ini biasanya disebut dengan foldern “Trash” atau “Recycle Bin”. Pada folder ini, foto-foto yang telah dihapus sementara masih tersimpan dan dapat dipulihkan. Cara mengakses folder tempat penyimpanan sementara di hp Android berbeda-beda tergantung pada jenis serta versi sistem operasi yang digunakan.

Cara Mengakses Folder Tempat Penyimpanan Sementara di Hp Android

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengakses folder tempat penyimpanan sementara di hp Android:

  • Buka aplikasi File Manager atau file browser di hp Android kamu.
  • Cari opsi “Recycle Bin” atau “Trash” di dalam aplikasi File Manager tersebut. Jika tidak ada opsi tersebut, cari folder yang bernama “.Trash” atau “Trash” di dalam penyimpanan internal atau eksternal.
  • Buka folder tersebut untuk melihat foto-foto yang terhapus sementara.
  • Setelah menemukan foto yang ingin kamu pulihkan, tekan dan tahan foto tersebut.
  • Pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan foto ke dalam galeri hp Android kamu.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil untuk mengakses folder tempat penyimpanan sementara di hp Android kamu, kamu dapat mencoba mencari panduan yang lebih spesifik untuk merk dan model hp kamu. Selain itu, ada juga aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus di hp Android.

Memanfaatkan Fitur Pemulihan Foto di Google Photos


cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp android

Jika kamu menghapus foto yang tidak sengaja dari HP Androidmu, jangan khawatir! Google Photos memiliki Fitur Pemulihan Foto yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembalikan foto-foto yang sudah terhapus.

Cara Menggunakan Fitur Pemulihan Foto di Google Photos

Pertama, pastikan aplikasi Google Photos sudah terpasang di HP Androidmu. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store.

Setelah aplikasi terpasang, buka Google Photos dan masuk ke akun Googlemu. Kemudian, ketuk menu “Pengaturan” yang biasanya memiliki ikon tiga garis di pojok kiri atas layar.

Di menu Pengaturan, gulir ke bawah dan pilih opsi “Tempat Sampah” atau “Tong sampah”. Di sini, kamu akan melihat semua foto yang baru saja dihapus dari HP Androidmu.

Untuk mengembalikan foto, cukup pilih foto yang ingin kamu pulihkan. Kemudian, ketuk tombol “Kembalikan” yang biasanya berada di pojok kanan bawah layar. Foto tersebut akan kembali ke galeri foto Google Photosmu.

Pastikan untuk memeriksa folder “Tempat Sampah” secara berkala karena Google Photos hanya menyimpan foto yang dihapus selama 60 hari. Setelah itu, foto-foto tersebut akan hilang secara permanen.

Jadi, jangan khawatir jika kamu menghapus foto secara tidak sengaja di HP Androidmu. Gunakan Fitur Pemulihan Foto di Google Photos untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus dan jangan lupa untuk memeriksa folder “Tempat Sampah” secara berkala.

Menghubungi Layanan Spesialis Pemulihan Data


pemulihan data

Jika kamu masih belum berhasil mengembalikan foto yang telah terhapus, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi layanan spesialis pemulihan data. Ada banyak perusahaan dan ahli pemulihan data di luar sana yang dapat membantu kamu mengembalikan data yang hilang, termasuk foto-foto yang telah terhapus di hp Androidmu.

Bagaimana cara menghubungi layanan spesialis pemulihan data?

Untuk menghubungi layanan spesialis pemulihan data, kamu bisa mulai dengan mencari di internet atau meminta rekomendasi dari teman atau keluargamu. Pilihlah layanan yang memiliki reputasi baik dan telah berpengalaman dalam pemulihan data. Setelah itu, hubungi layanan tersebut melalui nomor telepon atau email yang tertera di situs web mereka.

Setelah kamu menghubungi layanan pemulihan data, jelaskan masalah yang kamu alami dan berikan informasi yang dibutuhkan, seperti tipe ponsel yang kamu gunakan, waktu terjadinya penghapusan foto, dan sebagainya. Layanan tersebut akan memberikan instruksi lebih lanjut dan memberi tahu kamu apakah mereka dapat mengembalikan foto-foto yang terhapus di hp Androidmu atau tidak.

Menghubungi layanan spesialis pemulihan data dapat menjadi opsi terakhir yang cukup mahal, tetapi jika foto-foto yang terhapus memiliki nilai yang sangat berarti bagimu, hal ini mungkin menjadi langkah yang perlu diambil.

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp Android. Ingatlah bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan pemulihan data ini, seperti waktu penghapusan, penggunaan memori, dan jenis aplikasi yang Anda gunakan. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data yang dapat Anda unduh dari Play Store. Selain itu, penting juga untuk selalu melakukan backup data secara rutin agar Anda tidak kehilangan foto yang berharga. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba!