Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di HP Oppo

Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di HP Oppo

Hai, teman-teman Oppo lovers! Apakah kamu pernah menghapus foto yang sebenarnya masih kamu butuhkan? Tenang saja, jangan panik dulu! Karena di artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP Oppo dengan mudah dan sederhana. Ponsel Oppo memang terkenal dengan teknologi dan fitur-fitur andalannya, termasuk kemampuan untuk memulihkan data yang terhapus. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehilangan foto-foto berharga. Yuk, kita simak caranya!

Mencari di Folder Recycle Bin


Mencari di Folder Recycle Bin

Jika Anda menghapus foto dari hp Oppo Anda, tidak perlu panik! Ada cara untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus dengan mencari di folder Recycle Bin, mirip seperti di komputer.

Apa itu Folder Recycle Bin?

Folder Recycle Bin adalah tempat penyimpanan sementara di hp Oppo yang menyimpan file-file yang telah Anda hapus. Jadi, jika Anda menghapus foto atau file lainnya, bukan berarti file tersebut langsung terhapus secara permanen dari hp Anda.

Untuk mencari di folder Recycle Bin, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “File Manager” di hp Oppo Anda. Biasanya ikonnya berbentuk folder atau ikon yang mirip dengan “Explorer” di komputer.
  2. Setelah itu, cari dan pilih folder “Recycle Bin”. Biasanya folder ini terletak di dalam folder “Penyimpanan Internal” atau “SD Card”, tergantung dari pengaturan penyimpanan hp Anda.
  3. Setelah Anda masuk ke folder Recycle Bin, Anda akan melihat semua file yang telah Anda hapus secara tidak sengaja, termasuk foto-foto yang hilang.
  4. Pilih foto yang ingin Anda kembalikan dan kemudian tekan tombol “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan foto tersebut ke album atau galeri foto Anda.

Begitulah cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp Oppo dengan mencari di folder Recycle Bin. Ingatlah untuk secara teratur menghapus file-file yang tidak diperlukan dari Recycle Bin untuk menghemat ruang penyimpanan di hp Anda.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data


Cara Mengembalikan Foto yang Sudah Terhapus di HP Oppo

Untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP Oppo, kamu dapat menggunakan aplikasi pemulihan data seperti DiskDigger Photo Recovery, Dumpster, atau EaseUS MobiSaver. Berikut ini penjelasan tentang aplikasi-aplikasi tersebut:

1. DiskDigger Photo Recovery

DiskDigger Photo Recovery adalah aplikasi pemulihan data yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus secara keseluruhan atau sebagian. Aplikasi ini mampu memindai memori internal dan kartu SD HP Oppo, serta mengembalikan foto dengan hasil yang jernih dan berkualitas. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.

2. Dumpster

aplikasi dumpster hp oppo

Dumpster adalah aplikasi pemulihan data yang memiliki fitur yang lebih lengkap. Selain mampu mengembalikan foto, aplikasi ini juga dapat mengembalikan video, dokumen, pesan teks, dan lainnya. Dumpster menyimpan salinan dari setiap file yang dihapus, sehingga memudahkanmu dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP Oppo. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store.

3. EaseUS MobiSaver

EaseUS MobiSaver adalah aplikasi pemulihan data yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP Oppo. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta dapat memulihkan berbagai jenis file termasuk foto, video, pesan, dan kontak. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini melalui situs resmi EaseUS MobiSaver.

Membuka Akun Sinkronisasi Cloud


Akun Sinkronisasi Cloud Oppo

Jika kamu menghapus foto di hp Oppo secara tidak sengaja, jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan akun sinkronisasi cloud dari Oppo untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus. Untuk membuka akun sinkronisasi cloud, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di hp Oppo kamu. Biasanya, ikon Pengaturan terlihat seperti sebuah roda gigi.

Langkah 2: Temukan dan Buka Akun

Setelah masuk ke Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi “Akun”. Ketuk opsi ini untuk membukanya.

Langkah 3: Sinkronisasi Cloud

Pada layar Akun, kamu akan melihat berbagai opsi untuk mengelola akun-akun yang terhubung dengan hp Oppo kamu. Cari opsi Sinkronisasi Cloud dan ketuk untuk membukanya.

Di halaman Sinkronisasi Cloud, kamu akan melihat daftar aplikasi dan data yang dapat disinkronkan dengan akun cloud Oppo kamu. Pastikan opsi “Foto” atau “Galeri Foto” telah ditandai. Ini akan memastikan bahwa foto-foto kamu dapat disinkronkan dengan akun cloud Oppo.

Jika opsi “Foto” tidak ditandai, ketuk untuk menandainya. Setelah itu, tunggu beberapa saat untuk proses sinkronisasi selesai. Setelah selesai, cek kembali galeri foto di hp Oppo kamu. Foto-foto yang sebelumnya terhapus kemungkinan besar telah dikembalikan!

Membawa ke Layanan Pemulihan Data Professional


cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp oppo

Jika Anda telah mencoba langkah-langkah di atas dan tetap tidak berhasil mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp Oppo, maka solusi terakhir Anda adalah membawanya ke layanan pemulihan data professional. Layanan ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan yang memiliki keahlian khusus dalam memulihkan data yang hilang, termasuk foto-foto yang sudah terhapus.

Kenapa harus membawa ke layanan pemulihan data professional?

Memilih layanan pemulihan data professional akan memberikan kelebihan yang tidak dimiliki oleh solusi lainnya. Para ahli di layanan ini memiliki pengetahuan dan peralatan yang canggih untuk memulihkan data yang hilang. Mereka juga memiliki teknik khusus dalam mengembalikan foto yang sudah terhapus di hp Oppo, bahkan dari penyimpanan internal yang terformat atau rusak. Dengan bantuan mereka, kemungkinan foto Anda dapat terpulihkan menjadi lebih tinggi.

Tetapi, perlu diingat bahwa menggunakan layanan pemulihan data professional biasanya tidak gratis, dan biayanya bisa cukup mahal tergantung pada tingkat kesulitan dan jenis layanan yang Anda butuhkan. Pastikan untuk membandingkan harga dan memilih perusahaan yang memiliki reputasi baik serta menyediakan garansi untuk keberhasilan pemulihan data.

Akhir Kata

Jadi, itulah cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP Oppo. Meskipun terkadang kita tidak sengaja menghapus foto-foto penting kita, jangan khawatir karena masih ada cara untuk mendapatkannya kembali. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas dan menggunakan aplikasi yang tepat, kita dapat mengembalikan foto-foto yang sudah terhapus dengan mudah. Selalu ingat untuk mengamankan foto-foto penting kita dengan mengaktifkan backup secara berkala agar bisa mendapatkan kemudahan saat menghadapi situasi seperti ini. Jangan lupa juga untuk menghindari perilaku yang dapat menyebabkan foto-foto penting terhapus atau hilang. Semoga informasi diatas bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengembalikan foto-foto yang sudah terhapus di HP Oppo. Selamat mencoba!