Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Hayo, siapa di antara kita yang pernah mengalami foto yang terhapus di HP? Pasti pernah kan? Nah, jangan khawatir, kita ada solusinya. Di era digital sepertinya terhapusnya foto sudah menjadi hal yang lumrah. Bisa jadi kita sengaja menghapusnya atau mungkin karena terjadi kesalahan saat mengatur galeri. Tapi tenang, caranya cukup mudah lho untuk mengembalikan foto-foto yang tiba-tiba lenyap itu. Mau tahu cara mengembalikannya? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Memeriksa folder sampah


folder sampah

Jika Anda seorang pengguna ponsel, Anda mungkin pernah mengalami kehilangan foto yang sangat penting. Tetapi, jangan khawatir! Ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus, dan salah satunya adalah dengan memeriksa folder sampah di ponsel Anda.

Apa itu folder sampah?

Folder sampah adalah tempat di ponsel Anda di mana semua file yang dihapus secara sengaja atau tidak sengaja disimpan. Folder ini berperan sebagai “recycle bin” di ponsel Anda.

Ketika Anda menghapus foto atau file lainnya, ponsel sebenarnya tidak menghapusnya sepenuhnya dari memori. Sebaliknya, file tersebut dipindahkan ke folder sampah. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengembalikan file yang terhapus jika Anda memerlukannya nanti.

Bagaimana cara mengakses folder sampah di ponsel?

Untuk mengakses folder sampah di ponsel Android Anda, buka galeri foto Anda dan cari “Album Sampah” atau “Folder Sampah”. Jika Anda tidak menemukannya di sana, coba periksa di aplikasi File Manager atau Pengaturan ponsel Anda.

Di iPhone, Anda dapat menemukan album “Hapus Baru” di aplikasi Foto. Album ini berisi semua foto yang baru dihapus dan masih ada di folder sampah.

Jadi, untuk mengembalikan foto yang terhapus, cukup buka folder sampah, temukan foto yang ingin Anda pulihkan, dan pindahkan kembali ke album utama atau galeri foto Anda.

Jadi, sekarang Anda tahu bahwa mengembalikan foto yang terhapus tidaklah sulit! Cukup periksa folder sampah di ponsel Anda, dan Anda mungkin akan menemukan kembali foto yang hilang dengan mudah.

Menggunakan aplikasi pemulihan foto


aplikasi pemulihan foto

Untuk mengembalikan foto yang terhapus di hp, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan foto. Ada banyak aplikasi pemulihan foto yang tersedia secara gratis di Play Store, seperti DiskDigger, Dumpster, atau Recuva. Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi ini dan menginstalnya di hp Anda.

DiskDigger

DiskDigger adalah sebuah aplikasi pemulihan foto yang dapat membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat memilih partisi atau memori internal yang ingin di-scan. Kemudian, DiskDigger akan melakukan pemindaian untuk menemukan file foto yang terhapus. Anda dapat melihat hasil pemindaian dan memilih file yang ingin dikembalikan.

Dumpster

Dumpster adalah aplikasi pemulihan foto yang terkenal dan mudah digunakan. Setelah diinstal, aplikasi ini akan secara otomatis menyimpan file yang dihapus ke dalam folder khusus di galeri. Anda dapat membuka aplikasi Dumpster dan melihat file-file yang ada di dalamnya. Anda tinggal memilih file foto yang ingin dikembalikan dan tinggal klik tombol “Restore” untuk mengembalikannya ke galeri hp Anda.

Recuva

Recuva merupakan aplikasi pemulihan data yang memiliki fitur untuk mengembalikan foto yang terhapus. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat memilih jenis file yang ingin di-scan, misalnya foto. Kemudian, Anda perlu memilih lokasi di mana foto tersebut terhapus, misalnya memori internal atau kartu SD. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat melihat daftar file yang dapat dikembalikan dan memilih file foto yang ingin dikembalikan.

Menghubungkan perangkat ke komputer


hp android terhubung ke komputer

Salah satu cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di hp adalah dengan menghubungkan perangkat ke komputer. Dengan menghubungkan hp ke komputer, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data untuk mengakses memori internal hp dan memulihkan foto yang telah terhapus.

Langkah-langkah untuk menghubungkan perangkat ke komputer:

1. Pastikan hp Anda terhubung ke komputer melalui kabel USB yang sesuai atau menggunakan teknologi nirkabel seperti Bluetooth atau Wi-Fi.

2. Setelah terhubung, pilih opsi pengaturan USB di hp Anda. Beberapa hp menawarkan opsi seperti “Media device (MTP)” atau “Camera (PTP)”. Pilih opsi MTP untuk mengakses semua file di hp Anda.

3. Buka perangkat lunak pemulihan data di komputer Anda dan pilih opsi untuk memulihkan foto yang terhapus. Perangkat lunak akan menyambung ke hp Anda dan memulai proses pemulihan.

4. Tunggu sampai perangkat lunak menyelesaikan pemulihan foto. Anda akan melihat daftar foto yang dapat dipulihkan. Pilih foto yang ingin Anda kembalikan dan klik tombol pemulihan.

5. Setelah selesai, foto yang telah dipulihkan akan tersimpan kembali ke memori hp Anda. Anda dapat memeriksa kembali galeri foto di hp Anda untuk melihat apakah foto telah berhasil dipulihkan.

Dengan menghubungkan perangkat ke komputer dan menggunakan perangkat lunak pemulihan data, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan foto yang terhapus di hp. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua foto dapat dipulihkan dan Anda harus segera mengambil tindakan setelah foto terhapus agar meminimalkan risiko kehilangan data. Selain itu, pastikan Anda memiliki cadangan foto yang penting agar terhindar dari kehilangan yang tidak terduga.

Menggunakan layanan cloud untuk mengembalikan foto


cloud

Jika Anda telah menggunakan layanan cloud seperti Google Photos, Dropbox, atau iCloud untuk menyimpan foto-foto Anda, ada kemungkinan besar bahwa foto yang Anda hapus masih dapat dikembalikan. Layanan cloud ini sering menyimpan salinan cadangan foto Anda yang terhapus, sehingga Anda dapat mengaksesnya kembali.

Cara Mengembalikan Foto dengan Google Photos

Jika Anda menggunakan Google Photos, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan foto yang terhapus:

1. Buka aplikasi Google Photos di perangkat Anda.

2. Ketuk menu “Sampah” di bagian navigasi aplikasi.

3. Cari foto yang ingin Anda pulihkan dan sentuh dan tahan foto tersebut.

4. Pilih opsi “Kembalikan” untuk mengembalikan foto ke album utama Anda.

Jika foto Anda tidak muncul di folder Sampah, kemungkinan besar foto tersebut telah terhapus lebih dari 60 hari yang lalu dan tidak dapat dikembalikan melalui aplikasi Google Photos.

Cara Mengembalikan Foto dengan Dropbox atau iCloud

Jika Anda menggunakan Dropbox atau iCloud, langkah-langkah untuk mengembalikan foto yang terhapus mungkin sedikit berbeda. Namun, umumnya, Anda dapat mencari folder Sampah atau Recycle Bin dalam aplikasi penyimpanan cloud Anda. Di dalam folder ini, Anda dapat mencari dan mengembalikan foto yang terhapus dengan mengklik kanan pada foto tersebut dan memilih opsi “Restore” atau “Kembalikan”.

Jadi, meskipun Anda telah menghapus foto-foto penting, ada harapan untuk mengembalikannya jika Anda menggunakan layanan cloud untuk menyimpan foto-foto Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa folder Sampah atau folder yang serupa dalam aplikasi penyimpanan cloud Anda untuk melihat apakah foto yang ingin Anda pulihkan masih ada di sana.

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa cara sederhana untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP. Semuanya bisa dilakukan sendiri dengan bantuan aplikasi khusus yang tersedia secara gratis atau dengan menggunakan layanan penyimpanan cloud. Jadi, sekarang kamu tidak akan lagi panik ketika foto-foto penting tiba-tiba hilang. Ingatlah untuk selalu melakukan backup secara berkala dan hati-hati dalam menghapus file agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Selamat mencoba!