Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

Bagaimana Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

Jika Anda menggunakan Instagram secara aktif, tidak jarang bagi Anda untuk menghapus foto-foto yang telah Anda unggah sebelumnya. Namun, terkadang kita tidak sadar bahwa ada foto yang sebenarnya masih ingin kita pertahankan. Nah, bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di Instagram? Meskipun Instagram tidak menyediakan fitur pengembalian secara langsung, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mendapatkan kembali foto-foto yang hilang tersebut. Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus di Instagram.

Bagaimana menghindari menghapus foto di Instagram


Cara menghindari menghapus foto di Instagram

Berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat menghindari menghapus foto di Instagram:

1. Sinkronisasi foto dengan akun cloud

Satu langkah penting untuk menghindari menghapus foto di Instagram adalah dengan menyinkronkan foto-foto Anda dengan akun cloud. Dengan melakukan ini, foto-foto Anda akan secara otomatis terlahir di cloud, membuatnya aman dan dapat diakses selama Anda memiliki akses ke akun cloud tersebut.

Jangan takut untuk menggunakan penyedia layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau iCloud. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat dengan mudah mengunggah foto-foto Anda secara otomatis ke awan dan menghindari kehilangan foto-foto berharga.

Sebagai tambahan, pastikan juga untuk mengaktifkan fitur cadangan dan sinkronisasi otomatis di pengaturan perangkat Anda. Dengan begitu, setiap kali Anda mengambil foto baru, foto tersebut akan secara otomatis disimpan ke awan dan dapat diakses di berbagai perangkat Anda.

Menggunakan fitur arsip di Instagram untuk mengembalikan foto yang terhapus


Menggunakan fitur arsip di Instagram untuk mengembalikan foto yang terhapus

Jika kamu pernah menghapus foto yang sangat berarti di Instagram, jangan khawatir! Instagram memiliki fitur arsip yang memungkinkan kamu untuk menyimpan semua foto dan cerita yang telah dihapus. Untuk mengembalikan foto yang terhapus melalui fitur ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Instagram

Pertama-tama, buka aplikasi Instagram di smartphone atau tablet kamu. Pastikan juga kamu sudah masuk ke akun Instagrammu.

2. Buka menu profil

Selanjutnya, ketuk ikon profil yang ada di pojok kanan bawah layar. Ini akan membuka halaman profil kamu.

3. Buka pengaturan arsip

Selanjutnya, ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas halaman profil kamu. Ini akan membuka menu pengaturan.

4. Buka arsip

Sebuah menu akan muncul. Pilih opsi “Archive” atau “Arsip” di bagian bawah menu tersebut.

5. Lihat foto yang diarsipkan

Sekarang, kamu akan melihat semua foto dan cerita yang telah diarsipkan. Kamu juga dapat melihat foto yang dihapus dengan memilih opsi “Posts” atau “Kiriman” di bagian atas layar.

6. Pilih foto yang ingin dikembalikan

Setelah menemukan foto yang ingin kamu pulihkan, tap foto tersebut dan ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas. Pilih “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan foto ke profil kamu.

7. Selesai!

Setelah langkah terakhir, foto akan muncul kembali di profil kamu dan siap untuk dilihat oleh pengikutmu.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan foto yang terhapus di Instagram


cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram

Apabila metode pertama dan kedua tidak berhasil mengembalikan foto yang terhapus di Instagram, kamu dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu dalam memulihkan foto yang sudah terhapus di Instagram. Salah satu aplikasi yang bisa kamu coba adalah EaseUS MobiSaver.

EaseUS MobiSaver

EaseUS MobiSaver adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan foto yang terhapus di Instagram. Aplikasi ini menyediakan fitur pemulihan data yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto-foto yang sudah dihapus.

Langkah-langkah menggunakan EaseUS MobiSaver:

  1. Unduh dan install aplikasi EaseUS MobiSaver di perangkat kamu.
  2. Buka aplikasi dan pilih “Scan” untuk memulai scanning data yang hilang.
  3. Tunggu hingga proses scanning selesai.
  4. Pilih foto-foto yang sudah dihapus yang ingin kamu pulihkan.
  5. Tekan tombol “Recover” untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus.

Dalam beberapa menit, aplikasi ini akan mengembalikan foto-foto yang terhapus di Instagram. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua foto yang terhapus dapat dipulihkan sepenuhnya. Hasil recovery dari aplikasi ini bergantung pada kondisi dan keberuntungan kamu.

Demikianlah cara menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti EaseUS MobiSaver, untuk mengembalikan foto yang terhapus di Instagram. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang kehilangan foto-foto berharga di Instagram.

Tips penting untuk menyimpan foto secara teratur agar tidak hilang di Instagram


cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram

Bagi pengguna Instagram, terhapusnya foto-foto yang penting bisa menjadi masalah besar. Namun, ada beberapa tips penting yang dapat Anda ikuti untuk menyimpan foto-foto Anda secara teratur agar tidak hilang di Instagram.

1. Pindahkan foto-foto ke penyimpanan eksternal

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kehilangan foto di Instagram adalah dengan mengunduh dan menyimpannya ke penyimpanan eksternal, seperti komputer atau hard drive eksternal. Dengan melakukan ini, Anda memiliki salinan cadangan yang dapat diakses jika foto dihapus dari akun Instagram Anda.

2. Aktifkan fitur arsip Instagram

Instagram memiliki fitur arsip yang memungkinkan Anda untuk menyimpan foto-foto dan cerita dengan aman tanpa ada yang melihatnya. Fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan foto yang ingin Anda simpan secara pribadi.

3. Buat album pribadi di aplikasi galeri

Apabila Anda ingin mengorganisir dan menyimpan foto secara teratur, Anda dapat membuat album pribadi di aplikasi galeri di smartphone Anda. Dengan memindahkan foto-foto dari Instagram ke album pribadi, Anda dapat dengan mudah menemukannya kapan pun Anda mau.

4. Backup foto-foto dengan aplikasi penyimpanan cloud

Anda juga dapat menggunakan aplikasi penyimpanan cloud, seperti Google Photos atau Dropbox, untuk mencadangkan foto-foto Anda dari Instagram. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menyinkronkan foto-foto Anda dengan aman dan mengaksesnya dari perangkat mana pun.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan foto-foto penting di Instagram. Jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah ini secara teratur sehingga Anda selalu memiliki cadangan foto-foto Anda yang berharga.

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat kamu coba jika ingin mengembalikan foto yang terhapus di Instagram. Meskipun tidak ada jaminan bahwa semua foto dapat pulih sepenuhnya, setidaknya kamu memiliki peluang untuk mendapatkan kembali kenangan berharga tersebut. Pastikan kamu sudah mencoba langkah-langkah yang disarankan sebelum menghubungi tim dukungan Instagram. Semoga berhasil dan semoga kamu dapat melihat kembali foto-foto indahmu yang hilang!