Bagaimana Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Terhapus

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Sudah Terhapus

Pernahkah Anda menghapus pesan WhatsApp yang penting secara tidak sengaja dan merasa frustasi karena tidak bisa mengembalikannya? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah terhapus. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur backup yang disediakan oleh WhatsApp itu sendiri. Apabila Anda telah mengaktifkan fitur backup otomatis, maka pesan WhatsApp yang terhapus dapat diambil kembali dari backup yang ada di Google Drive atau iCloud. Namun, perlu diingat bahwa backup hanya menyimpan pesan sampai beberapa waktu tertentu, oleh karena itu waktu pengembalian tergantung pada saat terakhir kali Anda melakukan backup. Selain itu, terdapat juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus, seperti Dr.Fone, iMobie PhoneRescue, dan sebagainya. Dengan mencoba beberapa cara ini, diharapkan Anda dapat dengan mudah mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah terhapus.

Alasan pesan Whatsapp bisa terhapus


whatsapp terhapus

Jika kamu pernah kehilangan pesan WhatsApp yang penting, kamu pasti pernah bertanya-tanya mengapa hal itu bisa terjadi. Ada beberapa alasan mengapa pesan WhatsApp bisa terhapus tanpa kamu sadari. Salah satunya adalah jika pengirim pesan menghapusnya dari ponsel mereka sebelum kamu membacanya. Ketika pesan dihapus oleh pengirim sebelum kamu sempat membukanya, WhatsApp akan menghapus pesan tersebut secara otomatis dari obrolanmu. Hal ini bisa terjadi ketika ada kesalahan kirim pesan atau ketika mereka ingin menghapus pesan tersebut.

Pesan yang terhapus secara otomatis

WhatsApp juga memiliki fitur pengaturan untuk menghapus pesan secara otomatis setelah beberapa waktu. Pengaturan ini dapat diterapkan oleh pengirim atau penerima pesan. Jika pengaturan ini diaktifkan, pesan yang ada dalam obrolan akan terhapus setelah waktu yang ditentukan. Misalnya, seseorang dapat mengatur agar pesan dalam obrolan tertentu terhapus setelah 7 hari secara otomatis. Jadi jika kamu tidak melihat pesan tersebut dalam waktu 7 hari, pesan tersebut akan hilang dari obrolanmu.

Cara mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus di iPhone


Cara mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus di iPhone

Jika kamu merupakan pengguna iPhone dan ingin mengembalikan pesan Whatsapp yang sudah terhapus, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menggunakan fitur Restore Chat History

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus dengan cepat. Caranya adalah dengan menghapus dan menginstal kembali aplikasi Whatsapp yang ada di iPhone kamu. Setelah diinstal ulang, aplikasi ini akan memunculkan notifikasi jika ada pesan yang terhapus dan memberikan opsi untuk mengembalikannya.

2. Menggunakan backup iCloud

iCloud backup di WhatsApp

Metode ini membutuhkan adanya backup pesan Whatsapp di iCloud. Jika kamu sudah biasa melakukan backup secara rutin, kamu dapat mengembalikan pesan yang terhapus dengan mudah. Caranya adalah dengan menghapus Whatsapp, mengunduh ulang dari App Store, dan mengikuti panduan pengaturan akun Whatsapp dengan menggunakan opsi untuk mengembalikan pesan dari backup iCloud.

Pastikan kamu telah masuk ke akun iCloud yang sama dengan akun Whatsappmu saat mengatur ulang aplikasi. Dengan cara ini, pesan yang terhapus dapat dipulihkan dengan sukses.

Demikianlah dua cara untuk mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus di iPhone. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mendapatkan kembali pesan-pesan yang penting bagi kamu.

Cara mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus di Android


cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus

Jika kamu pernah menghapus pesan WhatsApp penting dan ingin mengembalikannya, tidak perlu panik. Ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus di Android.

1. Mengembalikan pesan dengan file cadangan

WhatsApp secara otomatis membuat file cadangan pesan sehari sekali dan menyimpannya di penyimpanan perangkatmu. Kamu bisa mengembalikan pesan yang terhapus dengan menghapus aplikasi WhatsApp dan menginstal ulangnya. Selama proses instalasi, kamu akan diberi opsi untuk mengembalikan pesan dari file cadangan tersebut.

2. Mengembalikan pesan dengan fitur Restore

Jika kamu tidak ingin menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan fitur restore yang ada dalam aplikasi. Caranya, buka aplikasi WhatsApp, pilih “Pengaturan”, lalu pilih “Chat” dan “Cadangan chat”. Di sini, kamu akan melihat opsi untuk mengembalikan chat dari cadangan terakhir.

3. Mengembalikan pesan dengan aplikasi pihak ketiga

aplikasi mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dikhususkan untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus. Terdapat berbagai aplikasi seperti DiskDigger, Dr.Fone, dan Dumpster yang dapat membantu kamu mengembalikan pesan yang hilang.

Setelah mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi tersebut, ikuti petunjuk yang ada pada aplikasi untuk memulai pemulihan pesan WhatsAppmu. Pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan sebelum menggunakannya.

Solusi alternatif jika tidak bisa mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus


whatsapp_terhapus

Jika Anda tidak berhasil mengembalikan pesan Whatsapp yang sudah terhapus dengan menggunakan metode yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa solusi alternatif yang bisa Anda coba:

1. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda temukan di Play Store atau App Store dengan fitur pemulihan data Whatsapp.

2. Cek folder Tautan Whatsapp

Kadang-kadang pesan Whatsapp yang terhapus dapat ditemukan di folder Tautan Whatsapp. Anda dapat membuka folder ini dengan menggunakan file manager di ponsel Anda dan mencari folder dengan nama “Whatsapp”. Di dalam folder ini, Anda mungkin akan menemukan pesan Whatsapp yang telah terhapus.

3. Minta bantuan grup atau kontak lainnya

Jika Anda telah menghapus pesan Whatsapp yang penting, Anda juga dapat meminta bantuan kelompok atau kontak Whatsapp lainnya yang terlibat dalam percakapan untuk mengirimkan kembali pesan itu kepada Anda.

4. Hubungi dukungan Whatsapp

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi dukungan Whatsapp melalui email atau forum resmi mereka untuk meminta bantuan lebih lanjut dalam mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus. Mereka mungkin memiliki solusi atau informasi tambahan yang dapat membantu Anda mengembalikan pesan yang hilang.

Akhir Kata

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang sudah terhapus. Selain menggunakan fitur cadangan dan restore, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga atau melakukan langkah-langkah manual untuk mengakses kembali pesan yang hilang. Tetapi, ingatlah untuk selalu melakukan backup secara teratur agar tidak kehilangan data penting di masa depan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kehilangan pesan WhatsApp. Terima kasih telah membaca!