Bagaimana Cara Menghilangkan Background Putih pada Gambar

Cara Menghilangkan Background Putih pada Gambar

Jika Anda pernah ingin mengedit gambar atau foto dengan latar belakang putih yang tidak diinginkan, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya. Menghilangkan background putih pada gambar dapat membutuhkan sedikit keahlian dalam pengeditan foto, tetapi dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan mudah melakukan hal tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang bagaimana cara menghilangkan background putih pada gambar dengan menggunakan aplikasi pengeditan foto online. Jadi, mari kita mulai dan buat gambar Anda terlihat lebih profesional dan menarik!

Menggunakan Aplikasi Penyunting Gambar


cara menghilangkan background putih pada gambar

Ada banyak aplikasi penyunting gambar yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan background putih pada gambar secara cepat dan mudah. Salah satu aplikasi yang populer adalah Adobe Photoshop. Dengan Photoshop, Anda bisa mengedit dan menghapus latar belakang putih dalam beberapa langkah sederhana.

Menggunakan Adobe Photoshop

Langkah pertama adalah membuka gambar yang ingin Anda edit di Photoshop. Setelah itu, pilih alat “Magic Eraser Tool” yang dapat Anda temukan di panel alat di sebelah kiri. Alat ini akan membantu Anda menghapus bagian background yang berwarna putih.

Setelah memilih alat tersebut, klik dan tahan pada bagian background putih dalam gambar. Alat secara otomatis akan menghilangkan warna putih dan menggantinya dengan latar belakang transparan. Anda juga dapat menyesuaikan kehalusan alat dengan mengatur opsi “Tolerance” di atas.

Jika ada beberapa bagian background putih yang tidak terhapus sepenuhnya, Anda dapat menggunakan alat “Eraser Tool” untuk menghapusnya secara manual. Seringkali, langkah kedua ini diperlukan untuk menghilangkan bagian background putih yang sulit dijangkau oleh alat sebelumnya.

Setelah selesai menghapus background putih, Anda bisa mengedit gambar sesuai keinginan Anda atau menyimpannya dalam format PNG. Gambar dengan latar belakang transparan ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat banner, desain kolase, atau menggabungkan gambar dengan latar belakang lainnya.

Menggunakan Penyunting Gambar Online


cara menghilangkan background putih pada gambar

Bagi kamu yang ingin menghilangkan latar belakang putih pada gambar dengan mudah dan cepat, kamu bisa menggunakan penyunting gambar online. Ada berbagai penyunting gambar online yang dapat kamu gunakan secara gratis, seperti Pixlr, Canva, atau Remove.bg.

Pixlr

Pixlr adalah salah satu penyunting gambar online yang populer. Kamu bisa mengakses website Pixlr melalui browser di ponsel atau komputer kamu. Setelah membuka Pixlr, kamu bisa memilih “Open Image” untuk mengunggah gambar yang ingin diubah. Setelah gambar terbuka, kamu bisa menggunakan alat yang disediakan seperti Magic Wand Tool atau Eraser Tool untuk menghapus latar belakang putih. Setelah selesai, kamu bisa menyimpan gambar hasil editanmu dengan memilih “Save” dan memilih format atau kualitas gambar yang diinginkan.

Canva

Selain Pixlr, Canva juga merupakan penyunting gambar online yang cukup populer dan mudah digunakan. Setelah masuk ke website Canva, kamu bisa memilih opsi “Create a design” dan memilih ukuran gambar yang sesuai. Setelah itu, kamu bisa mengunggah gambar yang ingin diubah dengan memilih “Uploads” di sisi kiri layar. Kemudian, kamu bisa memilih gambar yang telah diunggah dan menggunakan fitur “Background Remover” untuk menghapus latar belakang putih. Setelah selesai, jangan lupa untuk menyimpan gambar hasil editanmu dengan memilih “Download”.

Menggunakan Perangkat Lunak Pengeditan Foto


cara menghilangkan background putih pada gambar

Jika Anda ingin menghilangkan background putih pada gambar, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan foto seperti Adobe Photoshop atau GIMP. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka gambar di perangkat lunak pengeditan foto

Pertama, buka gambar dengan menggunakan perangkat lunak pengeditan foto yang Anda miliki. Pastikan untuk menggunakan versi terbaru perangkat lunak tersebut untuk mengoptimalkan fitur dan kinerjanya.

2. Pilih alat seleksi

Setelah gambar terbuka, pilih alat seleksi yang sesuai untuk mengatur area yang ingin Anda hapus latar belakangnya. Anda dapat menggunakan alat seleksi lingkaran, alat seleksi persegi, atau alat seleksi bebas tergantung pada bentuk objek dalam gambar.

3. Hapus latar belakang

Setelah Anda memilih alat seleksi, arahkan kursor ke area background putih yang ingin dihapus. Klik dan seret alat seleksi untuk mengelilingi area tersebut. Setelah itu, tekan tombol “Delete” pada keyboard Anda untuk menghapus latar belakang putih.

Anda juga dapat menggunakan fitur “Cutout” atau “Magic Eraser” yang terdapat pada perangkat lunak pengeditan foto untuk secara otomatis menghapus background putih. Pastikan untuk mengatur pengaturan dan toleransi dengan cermat agar hasilnya tetap terlihat natural.

Mencoba Metode Manual dengan Photoshop


gambar menghilangkan background putih pada gambar

Jika Anda ingin mencoba metode manual dalam menghilangkan background putih pada gambar Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi Photoshop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka gambar yang ingin Anda edit di Photoshop

Pertama, buka aplikasi Photoshop dan impor gambar yang ingin dihilangkan background putihnya. Klik “File” dan pilih “Open” untuk memilih gambar dari komputer Anda.

2. Pilih “Background Eraser Tool”

Setelah gambar terbuka di Photoshop, pilih alat “Background Eraser Tool” dari menu alat di sisi kiri layar. Alat ini akan membantu Anda menghapus background putih secara manual.

3. Sesuaikan pengaturan alat

Sebelum mulai menghapus, pastikan Anda menyesuaikan pengaturan alat. Anda bisa mengatur “Tolerance” sesuai dengan kebutuhan Anda dan mengganti “Sampling” menjadi “Continuous”. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus background dengan lebih lancar.

4. Mulai menghapus background

Sekarang, mulailah menghapus background putih dengan mengklik dan menyeret alat pada bidang putih yang ingin dihilangkan. Pastikan untuk berhati-hati dan melihat hasilnya secara berkala.

Anda bisa menyesuaikan ukuran alat dengan mengatur “Brush Size” di atas. Jika gambar memiliki detail halus, Anda bisa menggunakan ukuran kecil untuk menghapusnya dengan lebih detail.

Setelah selesai menghapus, Anda akan melihat gambar tanpa background putih. Anda bisa menyimpan gambar ini dengan mengklik “File” dan memilih “Save” atau “Save As”.

gambar menghilangkan background putih pada gambar

Akhir Kata

Jadi anda sekarang sudah tahu bagaimana cara menghilangkan background putih pada gambar. Sekarang anda bisa dengan mudah mengedit foto-foto anda tanpa harus khawatir dengan warna background yang mengganggu. Ingatlah untuk selalu berlatih dan eksperimen dengan berbagai teknik editing agar semakin mahir dalam mengolah gambar. Selamat mencoba!